Jembatan Cipasarangan Hanyut

Rabu, 04 Maret 2015 - 23:41 WIB
Jembatan Cipasarangan Hanyut
Jembatan Cipasarangan Hanyut
A A A
GARUT - Jembatan Cipasarangan di Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat, hilang. Jembatan yang biasa digunakan warga untuk menyeberangi sungai itu hanyut dibawa air bah awal pekan lalu.

Akibatnya, warga harus ekstra hati-hati saat melintasi sungai yang membelah Desa Linggamanik dan Desa Karangsari tersebut. Mereka harus turun langsung ke dalam sungai saat menyeberang.

"Aliran sungai cukup deras. Terlebih sungai berbatu licin, makanya harus hati-hati saat melintas," tutur Uyud (48), warga Kampung Samarang, Desa Linggamanik, Rabu (4/3/2015).

Uyud awalnya merasa heran saat mengetahui jembatan di lokasi tersebut hilang. Menurutnya, beberapa waktu lalu warga sempat memperbaiki jembatan dengan material bambu agar bisa dilalui dengan aman. "Ternyata jembatan yang diperbaiki warga itu tidak bertahan lama," ujarnya.

Jembatan ini merupakan akses warga Desa Linggamanik dan Karangsari untuk menyeberang sehari-hari. Berbagai aktivitas warga dipermudah dengan adanya Jembatan Cipasarangan.

Beberapa di antara aktivitas penting warga adalah untuk mengangkut hasil bumi dan kebutuhan kegiatan usaha. "Sekarang warga agak kesulitan membawa hasil bumi. Sebab, dengan tidak adanya jembatan itu, membuat warga yang memiliki aktivitas rutin usaha harus mencari rute alternatif."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4177 seconds (0.1#10.140)