Terungkap! Kapal Induk AS Ditenggelamkan Kapal Prancis

Jum'at, 06 Maret 2015 - 09:34 WIB
Terungkap! Kapal Induk AS Ditenggelamkan Kapal Prancis
Terungkap! Kapal Induk AS Ditenggelamkan Kapal Prancis
A A A
PARIS - Jika banyak pihak menganggap kapal induk Amerika Serikat (AS) hebat dan tak terkalahkan, maka harus berpikir ulang. Sebab, sebuah data mengungkap kapal induk AS ditenggelamkan kapal selam nuklir Prancis selama latihan perang di Samudera Atlantik Utara, dekat Florida.

Data itu bersumber dari Departemen Pertahanan Prancis yang dirlis The Aviationist, Kamis (5/3/2015). Dalam latihan perang itu, tanpa disangka kapal selam tenaga nuklir (SNA) Prancis bisa mengalahkan kapal induk AS yang selama ini dianggap paling perkasa.

Namun, data yang pertama kali diungkap situs Pertahanan Prancis (France MOD), sudah tidak bisa diakses lagi. Hal itu diduga untuk menutupi kelemahan dari kapal induk AS. Data asli yang mengungkap kekalahan kapal induk AS itu berjudul “Le SNA Saphir en Entrainement avec l'US Navy au big de la Florida".

Dalam latihan perang itu, kapal induk AS Theodore Roosevelt memimpin sejumlah kapal perang AS yang disebar.”Artikel tentang kekuatan pertahanan Prancis, cepat-cepat ditarik dari situsnya, yang menceritakan bagaimana salah satu dari kapal selam mereka, ‘Saphir’ mengatasi kekuatan angkatan laut Amerika Serikat di lepas pantai Florida,” tulis The Aviationist.

Tidak ada keterangan resmi dari Prancis, mengapa hasil latihan perang itu dirahasiakan. Namun, banyak yang menduga pengungkapan kekalahan kapal induk AS akan berpotensi menjadi bahan politis yang memalukan bagi AS sebagai pihak yang kalah.

Selain itu, data itu bisa dimanfaatkan musuh di masa depan yang mengetahui kelemahan kekuatan Angkatan Laut AS.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4476 seconds (0.1#10.140)