Pria Afsel Jalani Cangkok Alat Vital Pertama di Dunia

Sabtu, 14 Maret 2015 - 09:16 WIB
Pria Afsel Jalani Cangkok Alat Vital Pertama di Dunia
Pria Afsel Jalani Cangkok Alat Vital Pertama di Dunia
A A A
CAPE TOWN - Dokter di Afrika Selatan (Afsel) telah berhasil melakukan transplantasi alat kelamin pria pertama di dunia terhadap seorang pemuda. Pria itu menjalani cangkok alat vital karena gagal ketika disunat.

Cangkok alat vital pria pertama di dunia itu berlangsung sembilan jam. Proses itu sejatinya berlangsung Desember 2014 lalu, tapi baru diumumkan saat ini. Cangkok organ vital itu sekaligus jadi bagian dari studi percontohan yang dilakukan oleh Rumah Sakit Tygerberg di Cape Town dan Universitas Stellenbosch.

”Ini adalah situasi yang sangat serius. Untuk seorang pemuda usia 18 atau 19 tahun yang kehilangan organ vitalnya bisa sangat traumatis," kata Andre Van der Merwe, Kepala Unit Urologi Universitas Stellenbosch yang memimpin operasi itu, dalam sebuah pernyataan, yang dilansir Reuters, Sabtu (14/3/2015).

Menurut dokter, organ vital hasil transplantasi itu bisa berfungsi normal. Cangkok tersebut juga menjadi terobosan bagi para pria yang kehilangan organ vitalnya karena berbagai sebab.

”Ada kebutuhan yang lebih besar di Afrika Selatan untuk jenis prosedur ini daripada di tempat lain di dunia, karena banyak anak muda kehilangan organ vital mereka setiap tahun karena komplikasi akibat sunat secara tradisional,” ujar Van der Merwe.

Pasien, yang tidak disebutkan namanya karena alasan etika, saat ini berusia 21 tahun. Tiga tahun lalu, organ vitalnya diamputasi karena mengalami komplikasi parah akibat sunat yang dilakukan secara tradisional. Kendati demikian, pihak universitas menyatakan tantangan utama dari transplantasi itu adalah menemukan organ donor bagi pasien.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3021 seconds (0.1#10.140)