Dituduh Bakar Quran, Wanita Afghanistan Dibunuh lalu Dibakar

Jum'at, 20 Maret 2015 - 10:41 WIB
Dituduh Bakar Quran, Wanita Afghanistan Dibunuh lalu Dibakar
Dituduh Bakar Quran, Wanita Afghanistan Dibunuh lalu Dibakar
A A A
KABUL - Seorang wanita di Afghanistan yang dituduh membakar kitab suci Quran, dikeroyok massa hingga tewas. Massa kemudian membakar jasad korban dan kemudian membuangnya ke sungai berlumpur.

Aksi amuk massa terhadap wanita yang diidentifikasi bernama Farkhunda, 27, itu terjadi di dekat masjid Shah-e Doh Shamshira, di Kabul, Afghanistan. Para pejabat di Kabul mengatakan, empat orang telah ditangkap terkait serangan mematikan terhadap wanita itu.

Sebuah video rekaman menunjukkan massa berkali-kali menyerang wanita muda itu. Selain dipukul dengan kayu, korban juga dilempari batu bata saat tersungkur ke tanah.

Perasaan orang tua korban hancur melihat putrinya dibunuh tanpa proses pengadilan. Kepada polisi Kabul, orang tua korban mengatakan, bahwa wanita itu sebenarnya menderita penyakit mental selama bertahun-tahun. Orang tua korban juga mengklaim bahwa putri mereka tidak bermaksud membakar kitab suci Alquran.

Polisi Kabul meolak berkomentar atas aksi amuk massa itu. Petugas polisi yang datang ke lokasi hanya bertindak membubarkan massa.

Sementara itu, Kementerian Dalam Negeri Afghanistan melalui Twitter, menyatakan bahwa sudah ada empat tersangka pengeroyok wanita itu. Kantor berita BBC, semalam (19/3/2015) melansir laporan dari saksi mata.

“Saya mendengar suara (massa), saya pergi dan orang-orang mengatakan bahwa seorang wanita membakar Quran. Ketika saya pergi lebih dekat, saya melihat orang-orang marah dan berteriak bahwa mereka ingin membunuh wanita itu,” kata saksi mata.

”Mereka memukulinya sampai tewas dan kemudian membakar dan melemparkannya ke sungai. Petugas pemadam kebakaran kemudian datang memadamkan kobaran api dan mengevakuasi tubuh korban,” lanjut saksi mata yang diwawancarai dalam kondisi anonim itu.

Kepala Polisi Urusan Kriminal di Kabul, Jenderal Farid Afzali, membenarkan motif amuk massa itu.”Seorang wanita membakar salinan Quran di lingkungan Shahi Doshamshira,” katanya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3678 seconds (0.1#10.140)