Demam Nusantara Run Landa Jakarta

Sabtu, 21 Maret 2015 - 06:10 WIB
Demam Nusantara Run Landa Jakarta
Demam Nusantara Run Landa Jakarta
A A A
JAKARTA - Antusiasme penggemar olahraga lari mengikuti Nusantara Run terlihat jelas pada pengambilan race pack hari pertama di Auditorium Gedung Sindo Jakarta kemarin. Hingga kemarin, tercatat sekitar 4.000 pelari bakal meramaikan event yang digelar Minggu (22/3) mendatang itu.

Pada hari pertama terhitung sekitar 1.000 calon partisipan Nusantara Run mengambil race pack. Pengambilan race pack bisa dilakukan hingga besok.

Nusantara Run, lomba lari unik yang dihelat KORAN SINDO memang menjadi magnet bagi kalangan pelari di kawasan Jakarta, khususnya. Keunikan event ini terletak pada keharusan para partisipan untuk menggunakan kostum yang lekat dengan budaya Tanah Air. Dengan event ini, masyarakat diharapkan semakin menyadari bahwa Indonesia adalah negara dengan kekayaan budaya yang sangat luar biasa.

“Event ini bertujuan untuk lebih meningkatkan rasa kecintaan terhadap budaya Indonesia sekaligus melestarikannya,” papar VP Sales KORAN SINDO Lia Marliana Selain itu, lanjut Lia, Nusantara Run juga bertujuan memupuk kebersamaan dan semangat untuk lebih mencintai budaya di Tanah Air.

Tia, salah satu calon peserta Nusantara Run mengungkapkan tema lomba lari yang lain dari biasanya inilah yang membuat pencinta olahraga lari, seperti dirinya penasaran. “Exited banget untuk mengikuti event ini. Penasaran karena kok ada syarat baju tradisionalnya. Jarang sekali ada lomba lari seperti ini,” ujar Tia selepas mengambil race pack kemarin.

Tia mengikuti Nusantara Run bersama empat kawannya. Mereka berlima turut serta di kelompok 5 runner. Tia dan kelompoknya mengaku sudah membahas bakal mengenakan kostum yang nanti bakal dikenakan.

Seperti diketahui lomba yang mengambil venue di Plaza Tenggara Senayan, Jakarta, terdapat dua kategori yang dapat diikuti oleh masyarakat, yakni lari santai 5 kilometer dan lari tematik dengan menggunakan kostum daerah.

“Kepikiran banyak sekali kostum buat dipakai nanti pas hari H. Hanya saja kami memilih yang simpel dan juga nyaman. Kayaknya sih (pakai) batik,” ungkap mahasiswi salah satu universitas swasta di Jakarta ini. “Untuk celana, kami kompak pakai legging warna jreng,” imbuhnya.

Dia berharap masyarakat turut serta dalam event ini lantaran bisa memupuk rasa kebersamaan. Soal target, Tia dan kawan-kawannya tidak muluk-muluk. “Semoga bisa finis. Pada event-event sebelumnya, Alhamdulillah bisa finis,” tutup Tia.

Nusantara Run juga diikuti berbagai komunitas di antaranya Galaxy Running Club, Rush Runners, Bola Liga, Run for Indonesia, Indorunner Tebetian, Extraordinary Jakarta Runners, Tangerang Crazy Runners, KBK, Pencinta Seni, Karang Taruna Slipi, Mom and Baby Community, Kangaroo Parkour dan PNJ Runners. “Ini adalah pengalaman pertama ikut lomba dengan tema touch of nusantara. Saya kemungkinan akan memakai batik lurik,” ujar perwakilan Run for Indonesia, Mia Ningsih.

Pagelaran Nusantara Run bukan hanya lomba lari. Sejumlah kegiatan bakal dihadirkan demi menghibur para partisipan. Salah satunya adalah Remaja Batik Indonesia misalnya. Pada event ini, Remaja Batik Indonesia bakal melakukan demo membatik. Mereka juga mengajarkan bagaimana cara membatik kepada partisipan Nusantara Run.

Area Plaza Tenggara Senayan juga bakal diramaikan dengan panggung hiburan yang menghadirkan artis ternama. Di antaranya Irma Darmawangsa, Duo Kopi Susu, Oza Kioza, Devy Berlian, Lynda Moy, Asbak Band, Lights On, dan MV Chopper. Selain itu ada juga bazaar kuliner nusantara, serta lomba tari kreasi.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0028 seconds (0.1#10.140)