Kondisi Afsel Sudah Mulai Stabil

Minggu, 19 April 2015 - 18:02 WIB
Kondisi Afsel Sudah Mulai Stabil
Kondisi Afsel Sudah Mulai Stabil
A A A
JAKARTA - Menteri Hubungan dan Kerjasama Internasional Republik Afrika Selatan, Maite Nkoana-Mashabane menyatakan, saat ini kondisi di negaranya sudah kembali stabil.

"Saya sudah berbicara dengan pemerintah dan meminta diplomat dan para Duta Besar Afsel, (untuk mengabarkan) situasi di Afsel sudah dalam terkendali," ungkap Mashabane kala menemui awak media di Jakarta pada Minggu (19/4/2015).

Berbicara saat melakukan pernyataan bersama dengan Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, dirinya juga membeberkan alasan mengenai alasan Presiden Jacob Zuma tidak jadi datang ke Indonesia. Mashabane menyatakan, Zuma ingin terus memantau situasi di negaranya secara langsung.

"Presiden ingin tetap berada di dalam negeri guna mendampingi rakyat dan memberikan rasa aman dan juga mencari pemecahan masalah dalam jangka panjang," imbuhnya.

Menurut Mashabane, insiden yang terjadi di negaranya diakibatkan oleh faktor ekonomi. "Isu ini dipicu latar belakang ekonomi. Tapi, tidak seharusnya tekanan ekonomi membuat rakyat kami saling berkelahi. Tidak seharusnya seseorang menjadi korban dalam kejadian ini," tambahnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4717 seconds (0.1#10.140)