Pembalap Eropa Ancam Dominasi Iran di ITdBI 2015

Selasa, 05 Mei 2015 - 13:27 WIB
Pembalap Eropa Ancam Dominasi Iran di ITdBI 2015
Pembalap Eropa Ancam Dominasi Iran di ITdBI 2015
A A A
BANYUWANGI - Para pembalap Iran menguasai International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) selama empat edisi. Namun, tahun ini, tidak menutup kemungkinan dominasi tersebut bakal terpatahkan di ITdBI 2015. Maklum persaingan ITdBI 2015 yang digelar Rabu (6/9) pagi besok diikuti pembalap terbaik dari 25 negara.

"Tahun ini para climber Iran tidak lagi mendominasi. Mereka akan bersaing ketat dengan para pembalap Eropa dan Asia lainnya yang juga sudah menyiapkan jagoan KOM-nya (King of Mountain),''ujar Race Director ITdBI, Jamaludin Mahmood.
Ajang ITdBI 2015 ini dipastikan akan lebih kompetitif. Nama-nama jagoan balap sepeda seperti Peter Pouly (pemenang ITdBI 2014), Thomas Rabouw (Santic Racing Team), Andrea Palini (Skydive Dubai), dan Aiman Cahyadi (Pegasus) siap menaklukkan tanjakan Ijen yang mempunyai kemiringan 45 derajat.

"Tour de Banyuwangi Ijen menghadirkan tanjakan terekstrem di Asia. Tanjakan di Banyuwangi berada di ketinggian lebih dari 1.800 meter di atas permukaan laut (mdpl), melampaui tanjakan di Genting Highland dalam Tour de Langkawi Malaysia yang berada di ketinggian sekitar 1.500 mdpl,"ujar Jamaludin.

Total ITdBI akan menempuh empat etape dengan total panjang rute sejauh 555 kilometer. Rute ini ditempuh dengan mengelilingi wilayah Banyuwangi dan dipuncaki dengan berpacu mendaki Gunung Ijen, gunung berapi aktif yang terkenal di dunia dengan fenomena api biru (Blue Fire).

Sementara, Chairman ITdBI Guntur Priambodo mengatakan para pembalap lokal maupun asing sudah tiba semuanya di Banyuwangi, sejak Senin (4/5) lalu. "Evan ini terus mendapatkan apresiasi dari pembalap internasional, kami terus berupaya memperbaiki kualitas lomba maupun pendukung lainnya,''ujarnya.

ITdBI sendiri adalah ajang balap sepeda yang sudah masuk agenda rutin (calendar of event) Persatuan Balap Sepeda Internasional Internasional (Union Cycliste Internationale/UCI) dan diselenggarakan tiap tahun sejak 2012.

Tahun ini, ITdBI diikuti para pebalap dari 25 negara, antara lain, Prancis, Belanda, Kolombia, Kanada, Amerika Serikat, Jerman, Italia, Jepang, Singapura, Thailand, Iran, Spanyol, Filipina, Malaysia, Filipina, Australia, Korea, Tiongkok, Thailand, Selandia Baru, Rusia, Portugal, Taiwan, Uni Emirat Arab, dan Uzbekistan.

Tim continental yang akan berkompetisi di ajang ini di antaranya adalah Tabriz Shadari Team (Iran), Matrix Powertag (Jepang), Singha Infinite Cycling Team (Thailand), NSC Sycling Team (Malaysia), Pegasus Continental Cycling (Indonesia), dan Team 7 Eleven Road Bike Philippines (Filipina).
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5402 seconds (0.1#10.140)