Kontroversi Baru, Ini Bukti Kebohongan Pacquiao

Selasa, 05 Mei 2015 - 14:20 WIB
Kontroversi Baru, Ini Bukti Kebohongan Pacquiao
Kontroversi Baru, Ini Bukti Kebohongan Pacquiao
A A A
LAS VEGAS - Kontroversi baru terkait dengan mega duel antara Manny Pacquiao versus Floyd Mayweather Jr. Komisi Atletik Nevada (NSAC) memberikan bukti soal kebohongan yang dilakukan Pacquiao menyoal cedera bahu yang dialaminya.

NSAC menyodorkan bukti berupa form yang resmi ditandatangani Pacquiao. Dari salah satu pertanyaan di form yang menanyakan, Apakah mengalami cedera bahu, sikut atau tangan ?, Pacquio menyontreng kolom 'No' yang mengartikan kalau kondisinya memang baik-baik saja. (Baca juga : Dianggap Berbohong, Pacquiao Terancam Sanksi)

Namun belakangan baru diketahui kalau Pacquiao berbohong. Pasalnya, dalam pertarungan yang berlangsung akhir pekan lalu di MGM Grand, Las Vegas, Pacquiao mengaku kalau bahunya cedera. Bukan hanya itu, Pacquiao pun sempat menuding kalau NSAC bersekongkol dengan Mayweather Jr. lantaran tidak memberikan izin untuk menggunakan obat pengurang rasa sakit. (Baca juga : Ternyata Komisi Atletik Nevada Bersekongkol dengan Mayweather)

Ketua NSAC, Francisco Aguilar seperti dikutip Boxingscene, Selasa (5/5/2015), mengatakan kalau pihaknya baru mengetahui kalau Pacquiao mengalami masalah dengan bahunya 90 menit sebelum pertarungan. Itu pun diketahui setelah kubu Pacquiao meminta izin untuk menggunakan obat penghilang rasa sakit.

Permintaan itu pun ditolak sebab mereka sebelumnya tidak mengetahui dan mendapatkan konfirmasi soal cedera tersebut. Sementara itu, promotor Pacquiao, Bob Arum berdalih kalau obat yang diminta itu sudah direstui oleh Badan Anti-Doping AS (USADA).

Aguilar menegaskan pihaknya tidak memberikan obat pada Pacquiao semata-mata karena alasan kesehatan. "Tugas kami melindungi kesehatan dan keamanan petinju dan integritas dalam olah raga. Kami berharap semua petinju pun berterus terang," kata Aguilar.

Direktur Eksekutif NSAC, Bob Bennett mengatakan Pacquiao yang mengisi sendiri form tersebut dan sudah sangat paham dengan semua pertanyaannya. "Ini hanya fakta kalau dia tidak mengisi dengan benar. Dia tidak jujur dan mereka tidak memberitahukan pada kami sebulan lalu kalau mengalami cedera."

Sementara itu Ketua USADA Travis Tygart membenarkan kalau obat yang diminta itu bukan doping. Namun ia berkilah kalau otoritas untuk memberikan izin penggunaan obat itu ada di NSAC.

"Kami tidak mempunyai informasi medis, tidak ada catatan MRI dan dokumen. Itu memang bukan doping. Tapi pertanyaannya mengapa saat pengisian form, Pacquiao menjawabnya dengan 'tidak'," ungkap Tygart.

Saat ini persoalan ini sudah ditangani jaksa agung. Kalau terbukti bersalah, Pacquiao akan dijatuhi sanksi dan denda.

Ini bukti kebohongan Manny Pacquiao
Kontroversi Baru, Ini Bukti Kebohongan Pacquiao
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2613 seconds (0.1#10.140)