Adu Kuat Rekor Mengerikan Yamaha Versus Honda di Le Mans

Jum'at, 15 Mei 2015 - 06:07 WIB
Adu Kuat Rekor Mengerikan Yamaha Versus Honda di Le Mans
Adu Kuat Rekor Mengerikan Yamaha Versus Honda di Le Mans
A A A
LE MANS - Seri kelima balap MotoGP musim ini akan digelar di Prancis, akhir pekan nanti. Dua tim pabrikan, Yamaha dan Honda, bakal beradu rekor mengerikan kemenangan guna jadi yang terbaik di Sirkuit Le Mans, musim ini.

Yamaha yang diperkuat dua pembalap andalan, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi, total sudah mengoleksi lima kemenangan di Le Mans. Sebaliknya, Honda yang kini diwakili juara dunia Marc Marquez dan Dani Pedrosa, sudah mengoleksi tujuh kemenangan sejak 2002.

Menariknya, Lorenzo dan Pedrosa tercatat sebagai pemilik kemenangan terbanyak di Prancis dengan merebut empat kemenangan. Lorenzo berhasil mengibarkan bendera Yamaha tiga kali pada musim 2009, 2010, dan 2012. Sementara Pedrosa membawa Honda pada kelas 125 cc sekali, 250 cc dua kali dan kelas MotoGP sekali pada musim 2013 lalu.

Kedua pembalap tersebut jelas bakal bersaing sengit akhir pekan nanti. Ramalan ini bukan tanpa alasan, pasalnya Lorenzo dan Pedrosa memang tengah dapat suntikan motivasi tersendiri sebelum berlaga. Lorenzo yang memenangi balapan Spanyol, dua pekan lalu, jelas berambisi merebut kemenangan kembali.

Di samping punya catatan apik, pembalap berusia 27 tahun itu kini masuk dalam lima besar pembalap yang merebut kemenangan terbanyak dengan total 55 kali kemenangan. Selain itu, misinya merebut juara dunia tak bisa dikesampingkan.

Sedangkan Pedrosa, balapan akhir pekan nanti adalah ajang comeback pembalap asal Spanyol itu ke lintasan balap setelah absen tiga balapan akibat cedera. Berbekal empat kemenangan yang pernah di raih, The Little Spaniard jelas punya misi tersendiri bagi penggemarnya di Prancis.

Kendati keduanya merajai balap motor Prancis sebanyak empat kali, di kelas MotoGP keduanya Lorenzo dan Pedrosa wajib mewaspadai Rossi. Rekan setim Lorenzo di Movistar Yamaha sudah menang sebanyak tiga kali di kelas tertinggi. Pembalap berusia 36 tahun itu juara pada 2002, 2005, dan 2008.

Selain itu, Marquez juga berhasil merebut kemenangan perdana di Prancis tahun lalu. Artinya, masing-masing joki Yamaha dan Honda punya catatan rekor fantastis yang jelas bakal menentukan kejayaan musim ini. Menarik ditunggu persaingan dari para pembalap akhir pekan nanti. Kemenangan salah satu dari keempat nama di atas jelas bakal menambah catatan gemilang Yamaha atau Honda di Le Mans.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8311 seconds (0.1#10.140)
pixels