Data dan Fakta Menarik Derby Ibukota Italia

Senin, 25 Mei 2015 - 16:46 WIB
Data dan Fakta Menarik Derby Ibukota Italia
Data dan Fakta Menarik Derby Ibukota Italia
A A A
ROMA - Perebutan posisi runner-up Liga Italia akan makin sengit hingga detik-detik terakhir kompetisi musim ini ketika Lazio harus melawan tetangga mereka AS Roma dalam laga krusial perebutan tiket otomatis ke Liga Champions. Selisih satu poin antara kedua tim membuat laga bertajuk derby Ibukota Italia yang akan berlangsung di Olimpico, Senin (25/5) malam nanti WIB dipastikan bakal berjalan super ketat.

Melihat prestasi kedua klub, Roma memang jauh lebih sukses dibandingkan rival sekota mereka dalam beberapa tahun terakhir. Tapi Lazio tengah dalam performa terbaiknya musim ini. Pada awal musim skuat asuhan Rudi Garcia memang punya performa mentereng, namun setelah tahun baru dengan rentetan hasil seri menjadikan kinerja mereka makin merosot.

(Baca Juga: Preview Lazio v AS Roma: Perang Saudara Demi Otomatis ke Liga Champions)

Beruntung, Roma perlahan mulai bangkit menjelang musim berakhir dengan raupan tiga kemenangan dalam empat laga terakhir. Sedangkan Lazio mampu bangkit dengan cara yang luar biasa di putaran kedua setelah terseok-seok di awal musim. Dengan sempat menorehkan delapan kemenangan beruntun, mereka sempat menyalip Roma di posisi runner-up sebelum turun di posisi ketiga.

Meski Roma masih mendominasi, tapi Lazio masih punya peluang besar meraih hasil maksimal. Apalagi Lazio hanya menelan satu kali kekalahan pada delapan kali pertemuan dengan AS Roma dan mencatat empat kemenangan. Pada pertemuan sebelumnya Lazio unggul lebih dulu, tapi sayang dua gol dari Totti memaksa hasil imbang 2-2 hingga laga bubar.

Dari sekian banyak kejadian menarik pada derby Ibukota Italia, berikut data dan fakta kedua klub:

- Ini akan menjadi Derby della Capitale ke-142 di Serie A dengan Roma memimpin lewat 48 kemenangan berbanding 36. Hasil seri menjadi yang paling sering terjadi (57 kali).

- Dalam empat laga Serie A terakhir versus Lazio, Roma tak terkalahkan (M1 S3). Namun sebelumnya, Lazio mampu menang tiga kali secara beruntun.

- Dalam 15 duel terkini di Liga Italia, hanya terdapat satu laga yang berakhir 0-0 (Februari 2014) sebagaimana Roma selalu mencetak gol di 14 laga tersebut.

- Lazio hanya sekali gagal mencetak gol dalam 14 laga terakhir di Liga Italia. Namun, dalam tiga partai terkini mereka hanya mampu melesakkan satu gol di tiap partainya.

- Gol yang dicetak Santiago Gentiletti ketika membekuk Sampdoria 1-0 pada akhir pekan lalu adalah gol pertama yang dicetak oleh seorang bek Lazio di Liga Italia musim ini.

- Roma hanya kebobolan 11 gol di babak kedua di sepanjang musim ini, terendah dibandingkan tim Serie A lain.

- Di Liga Italia musim ini, Roma rata-rata melakukan umpan sebanyak 5,4 kali sebelum mencetak gol melalui permainan terbuka. Jumlah ini menjadi yang tertinggi dibandingkan tim lain
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7978 seconds (0.1#10.140)