Blatter Mundur, Bukti Suap Jerome Valcke Beredar

Rabu, 03 Juni 2015 - 01:11 WIB
Blatter Mundur, Bukti Suap Jerome Valcke Beredar
Blatter Mundur, Bukti Suap Jerome Valcke Beredar
A A A
ZURICH - Usai Sepp Blatter resmi mengundurkan diri sebagai orang nomor satu di Federasi Sepak Bola Dunia. Bukti keterlibatan Sekretaris Jenderal Jerome Valcke terlibat kasus pembayaran US$10 juta yang tengah diselidiki oleh aparat penegak hukum di Amerika Serikat beredar.

Badan sepak bola ini mengeluarkan bantahan setelah surat kabar New York Times dan beberapa koran lain edisi Selasa (02/06) memberitakan dugaan keterlibatan Valcke dalam pembayaran dana tersebut.

Namun FIFA mengatakan ini adalah pembayaran dari pemerintah Afrika Selatan untuk mendukung pengembangan sepak bola di kawasan Karibia. FIFA juga mengatakan tidak ada keterlibatan pejabat-pejabat senior dalam persetujuan atau pengiriman uang tersebut.

Sebelumnya New York Times mengatakan ada salinan surat -yang diyakini para penyelidik di Amerika sebagai bukti kuat- tentang Valcke yang menyetujui pembayaran US$10 juta pada 2008.

Valcke terlibat dalam transfer 10 juta dolar ke akun Bank of America terkait dengan salah satu pejabat FIFA yang baru-baru ini ditangkap, Jack Warner. Namun, terdapat bukti sebuah surat dari SAFA kepada sekjen FIFA yang didapatkan oleh Press Association, yang membuktikan Valcke mengetahui hal tersebut.

Jaksa Amerika mengatakan pembayaran tersebut adalah uang suap untuk memastikan Piala Dunia 2010 diselenggarakan di Afrika Selatan.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8104 seconds (0.1#10.140)