Indonesia Juara di Thailand

Kamis, 04 Juni 2015 - 10:42 WIB
Indonesia Juara di Thailand
Indonesia Juara di Thailand
A A A
JAKARTA - Tim bridge Indonesia meraih gelar juara lewat nomor senior pada Kejuaraan 50th Asian Pacific Bridge Federation (APBF) Championship di Bangkok, Thailand, 21–31 Mei 2015.

Tim Merah Putihyang diperkuat Henky Lasut, Eddy Manoppo, Denny Sacul, Bert Toar Polii, Munawar Sawirudin, dan Michael Bambang Hartono memastikan medali emas setelah mengandaskan tim Hong Kong dengan 14,20 – 5,80 VPs dengan menyelesaikan dua kali round robin @ 20 boards.

Selain berhasil mengalahkan Hong Kong, kemenangan tim Indonesia juga tidak lepas dari kekalahan Taiwan, yang menjadi saingan terdekat Indonesia, dari Australia dengan 8,66 – 11,34 VPs. Kemenangan Indonesia atas Hong Kong sangat dramatis karena ditentukan pada board 19 (2 boards terakhir) setelah pasangan Denny–Berce di Open Room kontrak 3NT + 2, sementara di Close Room pasangan Henky–Eddy menggagalkan kontrak 4S–2 dari pemain Hong Kong.

“Pertandingan round terakhir ini sangat menegangkan, karena kami ketinggalan dari Taiwan di round 11 dan round 12, dan Hong Kong juga bermain bagus saat melawan kami di round terakhir. Selanjutnya kami harus lebih giat berlatih agar bisa mencapai target sebagai juara dunia di Chennai bulan September–Oktober,” ujar Hengky, kemarin.

Atas keberhasilan itu, tim senior Indonesia berhak atas tiket menuju Kejuaraan Dunia Bridge di Chennai, India, 26 September– 10 Oktober mendatang. “Keberhasilan ini sudah sesuai target. Semoga kami bisa melanjutkan hasil positif ini di kejuaraan dunia nanti,” kata Michael Bambang Hartono, Dewan Pembina PB GABSI.

Selain itu, Indonesia juga menjadi pelopor terbentuknya federasi bridge Asia Tenggara, yakni South-East Asia (SEA) Bridge Federation. Federasi tersebut diketuai Michael Bambang Hartono, sedangkan Handojo Susanto didaulat sebagai sekretaris jenderal.

“Ini terobosan dari PB GABSI. Dengan adanya federasi ini, tim-tim dari Asia Tenggara nantinya akan berlaga di regional sendiri. Karena, selama ini kami berkompetisi di Asia Pasific. Federasi ini juga diharapkan bisa mempermulus bridge di pertandingkan di SEA Games,” ucap Ketua Umum PB GABSI Ekawahyu Kasih.

Edi yuli
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6746 seconds (0.1#10.140)