Laga Terbaik Wawrinka

Kamis, 04 Juni 2015 - 10:42 WIB
Laga Terbaik Wawrinka
Laga Terbaik Wawrinka
A A A
PARIS - Petenis asal Swiss Roger Federer tak kuasa mengatasi perlawanan kompatriotnya, Stanislas Wawrinka, pada perempat final Prancis Terbuka 2015. Unggulan kedua itu kandas 6- 4, 6-3, 7-6 di Roland Garros, Paris, dini hari kemarin.

Ini jadi pertama kali buat Wawrinka menang atas seniornya itu di arena grand slam. Head to headWawrinka kontra Federer di turnamen grand slam sebelumnya adalah 4-0. Praktis, itu menjadi semifinalis membuka peluangnya untuk meraih gelar grand slam keduanya sepanjang kariernya. Sebelumnya petenis berperingkat 8 dunia itu pernah sukses di Australia Terbuka 2014.

”Saya memainkan pertandingan terbaik di turnamen grand slam dan pertandingan terbaik saya selama bermain di lapangan tanah liat,” kata Wawrinka, dilansir sport.yahoo. ”Saya sedikit terkejut memenangkan pertandingan ini dalam tiga set dan cara saya melakukannya. Ini merupakan terbaik bagi saya,” ungkapnya.

Meski begitu, Wawrinka belum sepenuhnya nyaman. Sebab, dia akan berhadapan dengan petenis tuan rumah Jo-Wilfried Tsonga pada babak semifinal seusai mengantongi kemenangan atas wakil Jepang Kei Nishikori dalam pertarungan yang ketat lima set 6- 1, 6-4, 4-6, 3-6, 6-3. Apalagi, rekor head to head keduanya selama bertemu enam kali tercatat berimbang 3-3.

Bahkan di Roland Garros, keduanya juga pernah bertemu dua kali dalam pertarungan yang berlangsung lima set. Ketika itu Wawrinka menang di 2011, sedangkan Tsonga mengamankan pertandingan dengan hasil positif pada 2012. Buat Federer, ini jadi pertama kali dirinya gagal mengembalikan servis yang dibuat lawannya sejak tampil di AS Terbuka 2002, di mana dia gagal pada babak keempat seusai ditundukkan Max Mirnyi.

Hasil itu juga membuat Federer gagal meraih semifinal grand slam ke-37 sekaligus yang kedelapan di Roland Garros. Sepanjang kariernya Federer baru sekali meraih gelar di Prancis Terbuka, yakni pada 2009 seusai menang dari Robin Soderling. Federer telah memenangkan 17 gelar grand slam. ”Dalam tenis, menang-kalah itu biasa. Saya pikir kali ini dia bermain dengan sangat baik,” kata Federer, dilansir atpworldtour.

Petenis berusia 33 tahun itu pun bakal memberikan dukungan kepada Wawrinka agar bisa memenangkan Prancis Terbuka musim ini. ”Kami semua tahu, dia (Wawrinka) dapat melakukannya. Ini adalah momentum yang bagus baginya,” ujarnya. Bermain di kondisi cuaca berangin, Federer mengaku kemenangan yang dibuat Wawrinka adalah cara yang mengesankan.

Bahkan, Federer menyebut Wawrinka mampu membuatnya sangat kesulitan untuk bisa melakukan serangan. Angkat koper dari Paris, Federer menyebut akan menghabiskan waktunya buat keluarga, sekaligus sebagai pemulihan kondisinya jelang Wimbledon.

”Saya menantikan Halle, kemudian jelas Wimbledon. Saya ingin menang dan saya merasa kondisi saya sedang baik. Ini hal yang positif dan saya harus menjaganya dengan baik,” ucapnya.

Raikhul amar
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7661 seconds (0.1#10.140)