Marquez Berpeluang Juara Bila Contek Rossi

Kamis, 04 Juni 2015 - 22:08 WIB
Marquez Berpeluang Juara...
Marquez Berpeluang Juara Bila Contek Rossi
A A A
CATALUNYA - Penampilan Marc Marquez musim ini sungguh menyedihkan. Berstatus juara dunia musim lalu, pembalap Repsol Honda itu justru tercecer di klasemen pembalap MotoGP. Melihat kinerja pembalap berjuluk Baby Alien itu, peluang Marquez untuk kembali menjadi juara dipertanyakan.

Dengan balapan MotoGP yang baru saja menyelesaikan seri keenam di Italia, akhir pekan lalu dan menyisakan 12 seri balapan lagi. Valentino Rossi untuk sementara menguasai persaingan kejuaraan dengan poin 118 di puncak klasemen pembalap, disusul Jorge Lorenzo dengan poin 112, Andrea Dovizioso (83), Andrea Iannone (81) dan Marquez (69).

Kondisi Marquez yang tengah jadi sorotan musim ini dengan tertinggal 49 poin dari Rossi, membuat banyak kalangan menilai peluang mempertahankan gelar juaranya mulai tipis. Bahkan Rossi dan Lorenzo secara pribadi mengaku prihatin dengan nasib Marquez. (Baca Juga: Rossi-Lorenzo Prihatin dengan Nasib Marquez)

Dilansir Crash, Kamis (4/6/2015), peluang Si Baby Alien juara sebenarnya masih terbuka. Syaratnya, dia bisa meniru apa yang dilakukan Rossi pada musim 2006 lalu. Saat itu, Rossi tertinggal 51 poin dari Nicky Hayden di klasemen kejuaraan setelah gagal balapan di Grand Prix Amerika Serikat.

Seri balapan menyisakan enam pekan sebelum seri pamungkas di Valencia digelar. Menariknya, keadaan seolah berbalik bagi Rossi dan Hayden seusai GP Amerika. Rossi bangkit dan memangkas poinnya dari Hayden. Pertarungan di Valencia pun jadi penentu, lantaran Rossi yang sempat tertinggal banyak poin hanya tinggal berselisih delapan angka.

Sayang ketika balapan, Rossi terjatuh sehingga gelar tetap jatuh ke tangan Hayden. Hal tersebut jelas jadi bukti jika peluang Marquez tetap terbuka mengingat seri balapan masih menyisakan 12 lagi. Kondisinya, pembalap berusia 22 tahun itu masih punya peluang dua kali lipat lebih besar ketimbang peluang Rossi sembilan tahun lalu.

Selain itu, perolehan poin Marquez dari enam balapan musim ini juga lebih tinggi dari Rossi di musim 2006. Marquez saat ini mengoleksi 69, sedangkan rivalnya saat itu cuma menghasilkan 65 poin. Menarik ditunggu kebangkitan Rossi mengejar duo Yamaha, Rossi dan Lorenzo musim ini. Terlebih seri balap selanjutnya musim ini akan digelar di Spanyol dalam Grand Prix Catalunya 14 Juni mendatang.

Klik di sini untuk update klasemen pembalap MotoGP
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0595 seconds (0.1#10.140)