Catatan Cuneyt Cakir Pimpin Laga Juventus dan Barcelona

Jum'at, 05 Juni 2015 - 09:47 WIB
Catatan Cuneyt Cakir Pimpin Laga Juventus dan Barcelona
Catatan Cuneyt Cakir Pimpin Laga Juventus dan Barcelona
A A A
BERLIN - Cuneyt Cakir bakal memimpin laga final Liga Champions yang mempertemukan Juventus versus Barcelona di Berlin, akhir pekan ini. UEFA menunjuk Bahattin Duran dan Tank Ongun sebagai asistennya, sementara peran wasit keempat diberikan kepada Jonas Erikssson dari Swedia dengan dua asisten wasit tambahan Huseyin Gocek dan Bans Simsek. Komite wasit UEFA juga mempersiapkan Mustafa Emre Eyisoy sebagai asisten wasit pengganti untuk laga tersebut.

Cakir mengawali karirnya sebagai juru pengadil internasional pada 2006 lalu dan sejauh ini sudah memimpin 70 laga UEFA. Pengalaman serta jam terbang membuat langkah pria berusia 38 tahun itu semakin mulus. Di musim ini saja Cakir tercatat sudah memimpin tiga laga Liga Europa dan empat partai Liga Champions, termasuk di antaranya leg pertama 16 besar antara Paris St Germain dan Chelsea di Prancis.

Singkat kata, pertanyaan pun muncul apakah Cakir pernah memimpin laga Juventus atau Barcelona sebelumnya? Dari data yang dicomot Sport-English, Jumat (5/6/2015), wasit berpaspor Turki itu sama-sama pernah memimpin klub dari wakil Italia dan Spanyol tersebut.

Cakir pernah dipercaya memimpin tiga pertandingan Juventus. Selama menjadi hakim di lapangan hijau, ia memberikan kemenangan dua kali dan satu kali kalah kepada klub berjuluk Si Nyonya Tua tersebut. Cakir pernah terpilih sebagai wasit Barcelona sebanyak tiga kali. Namun hasilnya jauh lebih buruk ketimbang Juventus di mana Blaugrana hanya mengemas satu kali kemenangan dan dua kali seri.

Rekor Cuneyt Cakir pimpin laga Juventus dan Barcelona

Juventus
Cakir pernah memimpin pertandingan Juventus sewaktu mengalahkan Sturm Graz 2-1 di Liga Europa pada musim 2010/2011. Pada 2012/2013, ia kembali dipercaya memimpin pertandingan saat Juventus mengalahkan Chelsea 3-0, dan terakhir Cakir memimpin laga di semifinal Liga Europa di mana saat itu Benfica menang dengan skor tipis 2-1 atas I Bianconeri.

Barcelona
Pada 2010/2011 Barcelona bermain imbang melawan Rubin Kazan. Satu tahun kemudian, Blaugrana merasakan pengalaman yang paling menyakitkan saat dipimpin oleh wasit berkebangsaan Turki tersebut. Sebab Lionel Messi cs menderita kekalahan di Camp Nou ketika melawan Chelsea di Liga Champions. Terakhir kali Barcelona baru bisa tersenyum saat memenangkan laga melawan Benfica pada tahun 2012 di babak penyisihan grup dengan skor 2-0. Tapi sikap tegasnya di lapangan hijau tak berubah, dan Cakir berhasil mengeluarkan kartu merah terhadap Sergio Busquets.
(rus)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6747 seconds (0.1#10.140)