10 Fakta Menarik di Laga Barcelona vs Juventus

Minggu, 07 Juni 2015 - 09:40 WIB
10 Fakta Menarik di Laga Barcelona vs Juventus
10 Fakta Menarik di Laga Barcelona vs Juventus
A A A
BERLIN - Euforia kemenangan Barcelona atas Juventus di final Liga Champions masih hangat di telinga pecinta sepak bola dunia. Namun tak sah rasanya jika tak membahas sejumlah fakta menarik selama laga partai puncak kompetisi terbaik di Eropa tersebut.

Barcelona akhirnya berhasil memastikan trofi Liga Champions Eropa kelima mereka usai menumbangkan Juventus di laga final dengan skor 3-1. Trofi Liga Champions Eropa ini sekaligus membuat Luis Enrique sukses menghadiahkan treble winner di musim pertamanya bersama Barcelona.

Tiga gol Blaugrana dicetak Ivan Rakitic (4'), Luis Suarez (68'), dan Neymar Jr (90'). Sedang satu gol hiburan yang didapat Juventus disumbangkan oleh Alvaro Morata (55'). (Baca juga: Tumbangkan Juventus Barcelona Juara Liga Champions Eropa)

Berikut adalah fakta menarik yang terungkap sepanjang laga final Liga Champions, Minggu (7/6/2015).

1. Barcelona adalah tim pertama dalam sejarah Liga Champions yang menempatkan dua pemainnya dalam koleksi 10 gol dalam satu musim. Mereka adalah Lionel Messi dan Neymar.

2. Tradisi klub Spanyol membawa pulang trofi Liga Champions di dua musim secara berturut-turut seperti meniru keberhasilan AC Milan pada 1989-1990.

3. Laga Xavi Hernandez bersama Barcelona begitu terkesan. Selain membawa timnya merebut treble winners diakhir petualangannya. Penyihir lapangan tengah Blaugrana itu juga mencatatkan penampilan ke-151 di Liga Champions.

4. Luis Suarez adalah pemain Uruguay ketiga yang mencetak gol di final Liga Champions setelah Schiaffino & Godin.

5. Andres Iniesta mungkin akan memiliki predikat baru sebagai raja assist di kompetisi terbaik Eropa. Dia juga merupakan pemain pertama yang membantu terciptanya gol di tiga final Champions berbeda dan tidak ada banyak pemain yang mampu memberikan kontribusi yang baik di musim ini selain Iniesta dengan lima assist.

6. Ivan Rakitic menjadi pemain yang mampu menciptakan gol pembuka tercepat ketiga di final Liga Champions setelah Paolo Maldini pada 2005 dan Mendieta pada 2001. Ia selalu dijadikan sebagai kartu truf oleh Luis Enrique untuk mengecoh strategi lawan.

7. Secara total Lionel Messi telah mengoleksi 33 gol di Liga Champions.

8. Rata-rata usia pemain Juventus saat ini adalah 30 tahun-153 haria atau tertua kedua setelah AC Milan di laga Liga Champions pada 2007.

9. Juventus telah kehilangan trofi Liga Champions sebanyak 6 kali, lebih dari klub lain. Di sisi lain, Si Nyonya Tua

10. Morata adalah pemain kedua yang mencetak gol di semifinal dan final dalam satu musim di Liga Chamopions. Ia menjadi pemain kedua setelah Arjen Robben pada musim 2012/13.
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9317 seconds (0.1#10.140)