Frank Cappuccino, Wasit Legendaris Tinju Meninggal Dunia

Selasa, 09 Juni 2015 - 11:04 WIB
Frank Cappuccino, Wasit Legendaris Tinju Meninggal Dunia
Frank Cappuccino, Wasit Legendaris Tinju Meninggal Dunia
A A A
PHILADELPHIA - Tinju dunia sedang berkabung. Wasit legenda, Frank Capcino 'Cappuccino' menghembuskan nafas terakhirnya pada Senin (8/6/2015) waktu setempat atau Selasa (9/6/2015) WIB.

Dilansir Fightnews, Cappuccino yang besar di Kensington, Philadephia, meninggal di usia 86 tahun. Duka mendalam jelas dirasakan keluarga wasit legenda tersebut setelah bulan lalu, Vic Capcino, kakak dari Frank, juga pergi menghadap Tuhan.

Cappuccino sudah berkarier sebagai wasit tinju selama lima puluh tahun sejak 1958. Meski sempat menjajal sebagai petarung dan merebut gelar, pria yang lahir pada 7 Februari 1929 itu lebih sukses sebagai penengah di atas ring.

Tercatat, 100 pertarungan memperebutkan gelar sudah ia pimpin selama berkarier. Hebatnya, sebagian besar pertarungan tersebut berlabel mega duel.

Empat duel terbesar yang kini selalu dikenang seluruh pcinta tinju, adalah salah satu duel yang dipimpin Cappuccino. Duel tersebut adalah pertarungan antara Mike Tyson vs Michael Spinks dalam perebutan gelar WBC dan WBA, 1988. Lalu duel Lennox Lewis vs Shannon Briggs untuk gelar WBC. Kemudian duel tinju kelas menengah antara Bernard 'The Alien' vs Carl Daniels, Februari 2002 dan duel Mickey Ward vs Arturo Gatti tiga bulan berselang.

Dedikasi Cappuccino di atas ring juga berbuah manis untuk pribadinya. Dia terpilih sebagai Boxing Hall of Fame New Jersey dan Boxing Hall of Fame Pennsylvania sebagai wasit legendaris. Tak hanya itu, sosoknya sebagai pengadil yang tegas juga membawanya ikut merambah ke layar kaca dalam film bioskop, Rocky V tahun 1990 lalu.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5491 seconds (0.1#10.140)