Teknik Satu Jari ala Marquez

Sabtu, 13 Juni 2015 - 13:41 WIB
Teknik Satu Jari ala Marquez
Teknik Satu Jari ala Marquez
A A A
BARCELONA - Marc Marquez mulai mengabaikan masalah keselamatannya saat ia tengah berjuang untuk mempertahankan mahkota juara di gelaran MotoGP musim ini. Pasalnya, seusai menjalani sesi latihan bebas pembuka (1-2) di Sirkuit Barcelona, Jumat (12/6/2015), joki Repsol Honda itu menjelaskan bahwa ia saat ini hanya menggunakan satu jari dalam melakukan pengereman.

Pada dasarnya teknik pengereman adalah hal yang paling penting diketahui pengendara saat memacu kecepatan motor di arena balap (MotoGP). Ironisnya, masih ada saja sirkus MotoGP yang mulai mengabaikan keselamatan mereka hanya demi panggung popularitas.

Marquez misalnya, ia mulai mengubah kebiasaannya tiga tahun lalu dalam melakukan pengereman sewaktu masih berada di kelas Moto2. Kakak kandung Alex itu mempunyai tradisi dalam hal pengereman di mana ia selalu memanfaatkan keempat jarinya untuk memperlambat kecepatan motor.

Tapi sejak pemilik nomor 93 naik kelas, ia sudah mulai mengubah kebiasaannya tersebut. Dan, sekarang pembalap kelahiran Cervera, Spanyol, 17 Februari 1993 itu baru membeberkan bahwa ia hanya menggunakan satu jari untuk memperlambat kecepatan motornya.

"Tiga tahun yang lalu, saya masih menggunakan empat jari saya untuk memperlambat kecepatan motor. Sekarang saya hanya menggunakan satu jari dan saya tidak punya masalah selama mengubah kebiasaan itu. Mungkin awalnya saya merasa kaku, namun seiring berjalannya waktu saya mulai terbiasa," terang Marquez seperti dikutip Speedweek, Sabtu (13/6/2015).

Jelang balapan seri ketujuh di Grand Prix Catalunya, Marquez masih terdampar di peringkat keenam dengan raihan 69 poin atau terpaut 49 poin dari pimpinan klasemen sementara MotoGP, Valentino Rossi. (Klasemen)
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6852 seconds (0.1#10.140)