Kontrak Selesai, Aji Pilih Pulang ke Malang

Senin, 15 Juni 2015 - 18:32 WIB
Kontrak Selesai, Aji Pilih Pulang ke Malang
Kontrak Selesai, Aji Pilih Pulang ke Malang
A A A
KALLANG - Gagal membawa timnas Indonesia U-23 meraih medali dari cabang sepak bola SEA Games 2015, Pelatih AJi Santoso tak ingin meneruskan kariernya sebagai pelatih timnas. Mantan pemain belakang Persebaya Surabaya itu akan kembali ke Malang untuk mengurus akademi sepak bola miliknya.

Timnas Indonesia gagal meraih perunggu setelah dikalahkan Vietnam 0-5 pada perebutan posisi 3 di Stadion Jalan Besar, Kallang, Singapura, Senin (15/6/2015). Gol-gol Vietnam dicetak Mac Hong Quan dari titik penalti pada menit ke-14, Vo Huy Toan (21 dan 41), Nguyen Huu Dung (45+1), dan Que Ngoc Hai (71). (Baca juga: Dibantai Vietnam, Timnas U-23 Pulang Tanpa Medali)

Pelatih kelahiran Malang, Jawa Timur, 6 April 1970, itu menyatakan bertanggung jawab atas hasil yang diperoleh Evan Dimas dkk di SEA Games 2015. Menurut Aji, hasil semifinal tidak terlalu buruk mengingat dia hanya punya waktu 20 hari persiapan tim.

Aji meminta semua pihak untuk tidak menyalahkan pemain. Mantan pemain Arema Malang itu berani pasang badan lantaran para pemainnya sudah mengeluarkan seluruh kemampuannya. "Saya bertanggung jawab atas hasil di SEA Games 2015. Pemain sudah tampil maksimal. Tim lain punya persiapan lebih bagus dari kami. Jadi, masuk semifinal saya pikir tidak terlalu buruk,” tegas Aji seperti dilansir laman resmi PSSI. (Baca juga: Aji Santoso: Masa Depan Evan Dimas dkk Tak Jelas)

Menurut Aji, dirinya kesulitan membangkitkan semangat pemain setelah dikalahkan Thailand 0-5 pada semifinal, Sabtu (13/6/2015). Apalagi, nasib para pemain juga tidak jelas setelah mereka kembali dari Singapura. “Sulit bagi saya memompa kembali semangat pemain. Mereka semakin tidak konsentrasi karena tidak tahu setelah ini mau apa dan bagaimana. Ini bukan alasan tapi kenyataan,” ujarnya.

Soal kelanjutan kariernya di timnas. Aji menyatakan kontraknya dengan PSSI selesai seusai SEA Games 2015. Aji tak ingin memperpanjangnya dan memberi kesempatan pelatih lain untuk menjadi pelatih timnas. “Kontrak saya habis setelah SEA Games 2015. Saya akan pulang ke Malang dan fokus di akademi sepak bola. Saya akan memberikan kesempatan pelatih lain menangani timnas," katanya.

Mantan PSM Makassar itu memiliki sekolah sepak bola bernama Aji Santoso International Football Academy (ASIFA) yang diremsikan 31 Agustus 2013 di Malang. Aji bercita-cita membentuk pesepak bola masa depan yang bisa diandalkan. “Saya berusaha membentuk bibit pesepak bola masa depan di akademi itu," pungkasnya.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6832 seconds (0.1#10.140)