Kalahkan Myanmar, Thailand Pertahankan Emas

Senin, 15 Juni 2015 - 21:38 WIB
Kalahkan Myanmar, Thailand Pertahankan Emas
Kalahkan Myanmar, Thailand Pertahankan Emas
A A A
KALLANG - Tim nasional (timnas) Thailand U-23 sukses meraih medali emas cabang olahraga sepak bola putra SEA Games 2015. Negeri Gajah Putih mengalahkan Myanmar U-23 dengan skor meyakinkan 3-0 pada laga final di National Stadium, Kallang, Singapura, Senin (15/6/2015).

Thailand harus kerja keras untuk memenangi pertempuran terakhirnya. Meski terus menekan sejak peluit kick off dibunyikan, upaya Negeri Gajah Putih mencetak gol di babak pertama tidak membuahkan hasil. Thailand harus menunggu babak kedua untuk memastikan kemenangan tiga gol tanpa balas.

Gol pembuka Thailand dicetak pemain BEC Tero Sasana Tanaboon Kesarat pada menit ke-54. Gol bermula dari sepak pojok Nurul Sriyankem ke tengah kotak penalti Myanmar. Bola tanggung coba dihalau pemain Myanmar dengan kepala, namun jatuh di kaki gelandang Ye Ko Oo.

Sapuan Ye Ko Oo pun tidak sempurna. Alih-alih menjauh, bola justru jatuh di kaki Tanaboon yang berdiri bebas di tengah kotak penalti. Tak pelak, sepakan keras kaki kanan Tanaboon menghunjam jala gawang Myanmar.

Gol kedua Thailand terjadi lewat Chananan Pombupha menit ke-64. Chananan yang lepas dari jebakan off-side melaju sendirian dan berhadap-hadapan dengan penjaga gawang Kyaw Zin Phyo. Sontekan kaki kiri Kyaw Zin Phyo ke pojok tiang jauh membuat Myanmar tak berdaya. Lalu, Pinyo Inpinit mencetak gol penutup dan menambah derita Myamnar pada menit ke-78.

Dengan kemenangan itu, Thailand berhasil mempertahankan medali emas yang direbut pada SEA Games 2013 di Myanmar. Total, Negeri Gajah Putih telah mengoleksi 13 emas sejak era SEA Games yang digelar pertama kali di Kuala Lumpur, Malaysia pada 1977.

Thailand menjadi tim tersukses di era SEA Games dengan raihan total 13 emas, dua perak, dan lima perunggu. Di bawahnya, Malaysia dengan 5 medali emas, 3 perak, dan 4 perunggu, dan Indonesia di posisi ketiga dengan 2 emas, 4 perak, dan 3 perunggu.

Perjalanan Thailand ke tangga juara SEA Games 2015 sangat impresif. Di penyisihan grup B hingga final, pasukan Choketawee Promrut tidak terkalahkan. Di penyisihan grup, Thailand mengoleksi poin sempurna 15, hasil lima kemenangan. Kemenangan terbesar dicatat saat mengalahkan Laos 6-0 dan mengempaskan Brunei 5-0.

Tiga laga lainnya, unggul atas Malaysia 1-0, Timor Leste 1-0, dan menangan atas Vietnam 3-1. Pada penyisihan grup itu, Thailand mencetak gol memasukkan 16 gol dengan hanya kebobolan satu gol. Sementara di semifinal, Thailand mengalahkan Indonesia 5-0 dan di final mengalahkan Myanmar 3-0.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6951 seconds (0.1#10.140)