Singapura Berhasil Pecahkan Rekor Raihan Medali

Selasa, 16 Juni 2015 - 16:19 WIB
Singapura Berhasil Pecahkan Rekor Raihan Medali
Singapura Berhasil Pecahkan Rekor Raihan Medali
A A A
SINGAPURA - Singapura bisa dikatakan bukan hanya sukses menggelar SEA Games 2015 yang berakhir, Selasa (16/6/2015), namun negara tersebut berhasil memecahkan rekor perolehan medali. Pada ajang kali ini mereka berhasil menyodok ke posisi kedua di bawah Thailand.

Sampai hari terakhir, Singapura berhasil mendulang 84 emas, 73 perak dan 102 perunggu dengan total keseluruhan mencapai 259 medali. Komite Olimpiade Nasional Singapura (SNOC) dalam jumpa pers jelang final polo air, mengungkapkan raihan prestasi kali ini merupakan kali ketiga setelah sebelumnya pernah mereka lakukan di SEA Games 1975 Thailand. Sementara prestasi mengagumkan pernah juga mereka torehkan saat menjadi tuan rumah pada 1993 dengan total medali 164 (50 emas, 40 perak dan 74 perunggu).

Di SEA Games 2015, cabang renang menjadi penyumbang medali terbanyak dengan total 42 medali; 23 emas, 12 perak, dan tujuh perunggu, dengan Joseph Schooling dan Quah Zheng Wen sebagai bintang. Kedua perenang ini hampir mempersembahkan medali di nomor yang iikutinya. Schooling tercatat mampu menyumbangkan sembilan emas dan memecahkan sembilan rekor SEA Games.

Dari kolam renang, Singapura benar-benar berpesta. Bukan hanya menjadi juara umum, mereka pun berhasil mencetak 25 rekor baru SEA Games, 29 rekor nasional, dan 74 rekor pribadi. Di ajang ini Singapura juga kali pertama mendapatkan emas dari renang indah.

Prestasi menawan juga ditunjukkan dari arena atletik. Sprinter putri Shanti Pereira berhasil meraih medali emas untuk nomor 200m. "Kontingen Singapura mendapatkan hasil yang fantastis dan meraih sukses di SEA Games. Prestasi yang mereka torehkan telah menginspirasi semua masyarakat selama 18 hari," ujar Ketua Kontingen Singapura Dr Tan Eng Liang seperti dikutip Channelnewsasia.

Dalam kesempatan itu, Tan juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan pesta olah raga bangsa Asia Tenggara dua tahunan itu. "Dukungan dari berbagai pihak, seperti Departemen Kebudayaan, Kemanusiaan serta Pemuda dan Olah Raga Singapura juga Komite Nasional Olimpiade telah menyiapkan kontingen ini bisa membuat sejarah di negeri sendiri. Tak lupa dengan panitia dan sukarelawan yang telah membuat SEA Games kali ini menjadi ajang yang sangat tak terlupakan. Ini menjadi perjalanan yang sangat luar biasa buat Singapura," lanjut Tan.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7335 seconds (0.1#10.140)