Sepak Terjang Pembalap Muda di MotoGP 2015

Rabu, 17 Juni 2015 - 18:26 WIB
Sepak Terjang Pembalap Muda di MotoGP 2015
Sepak Terjang Pembalap Muda di MotoGP 2015
A A A
JAKARTA - MotoGP tahun ini diramaikan dengan beberapa pembalap yang masih berusia muda. Meski minim pengalaman, namun penampilan mereka dinilai cukup memuaskan karena konsisten menyelesaikan persaingan hingga garis finis.

Ada sembilan nama yakni Marc Marquez, Pol Espargaro, Bradley Smith, Andrea Iannone, Jack Miller, Scott Redding, Loris Baz, Danilo Petrucci dan Maverick Viñales. Semuanya sudah memperlihatkan aksi balap yang tak pantas dipandang sebelah mata.

Lalu sejauh mana sepak terjang para rookie tersebut? berikut Sindonews berikan ulasannya:

1. Marc Marquez

Sepak Terjang Pembalap Muda di MotoGP 2015


Pembalap dari tim Repsol Honda ini sudah menunjukkan kegemilangannya dalam dua tahun terakhir. Direkrut dari tim CatalunyaCaixa Repsol yang tampil di kelas Moto2, Marquez sukses menjuarai MotoGP pada 2013 dan 2014.

Namun sekarang dewi keberuntungan tampak menjauh dari pembalap berusia 23 tahun ini. Dalam tujuh seri, Marquez hanya bisa naik podium dua kali. The Baby Alien bahkan mengalami tiga kecelakaan yang terjadi di Sirkuit Termas de Rio Hondo Argentina, Sirkuit Mugello Italia dan Sirkuit Catalunya. Atas hasil buruknya tersebut, Marquez untuk sementara terpaku di posisi lima dengan raihan 69 poin.

2. Andrea Iannone

Sepak Terjang Pembalap Muda di MotoGP 2015


Ducati membuat keputusan tepat saat menunjuk Andrea Iannone sebagai pembalap mereka di musim ini. Pria berumur 25 tahun itu secara mengejutkan mampu menempel ketat duo Yamaha, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi di puncak teratas klasemen pembalap.

Saat ini Iannone ada di posisi ketiga dengan raihan 94 poin. Dalam tujuh kali balapan, Iannone sudah dua kali naik podium yakni di Sirkuit Losail Qatar dan Sirkuit Mugello Italia.

3. Bradley Smith

Sepak Terjang Pembalap Muda di MotoGP 2015


Pembalap kebangsaan Inggris ini memasuki tahun ketiganya bersama tim Monster Yamaha Tech 3. Meski masih kesulitan bersaing di urutan terdepan, Smith secara perlahan mampu memperbaiki posisinya di papan klasemen.

Pada 2013 lalu, Smith finis di peringkat 10 dengan raihan 116 poin. Setahun kemudian, ia dengan koleksi 121 poin mengakhiri persaingan dengan bertengger di urutan kedelapan. Kini pembalap berusia 24 tahun itu masih setia di urutan enam klasemen. Dalam tujuh seri, Smith mampu mengumpulkan 68 poin.

4. Maverick Viñales

Sepak Terjang Pembalap Muda di MotoGP 2015


Ini merupakan tahun pertama Maverick Viñales di pentas MotoGP. Kendati demikian, ia tidak canggung ketika harus beradu kecepatan dengan para pembalap senior seperti Rossi, Lorenzo dan Dani Pedrosa.

Saat ini Vinales bertengger di peringkat delapan klasemen. Pembalap dari tim Suzukui yang masih berusia 20 tahun itu sudah memiliki 46 poin. Ke depannya, ia diyakini akan jadi pembalap hebat sebab Vinales punya catatan bagus di kelas 125 cc, Moto3 dan Moto2.

5. Aleix Espargaro

Sepak Terjang Pembalap Muda di MotoGP 2015



Rekan satu tim Vinales ini sudah empat tahun mencicipi persaingan di ajang MotoGP. Tiap tahunnya, Espargaro mampu memperbaiki prestasi dan karena itu ia dipercaya Suzuki pada musim balap 2015.

Sayangnya Espargaro gagal total dalam tiga seri terakhir. Ia tak mampu menyelesaikan balapan hingga garis finis. Pembalap berumur 25 tahun tersebut kini masih berada di posisi 12 dengan perolehan 31 poin.

6. Pol Espargaro

Sepak Terjang Pembalap Muda di MotoGP 2015



Pembalap Monster Yamaha Tech 3 ini untuk sementara tampil lebih baik dari sang kakak, Aleix Espargaro. Usai melewati tujuh balapan, Pol Espargaro bisa mengumpulkan 45 poin dan kini ia berada di urutan sembilan klasemen.

Ini merupakan tahun kedua Espargaro di ajang MotoGP. Pada 2014 lalu, ia yang kini berusia 24 tahun bisa finis di peringkat enam klasemen akhir.

7. Danilo Petrucci

Sepak Terjang Pembalap Muda di MotoGP 2015



Pembalap berusia 24 tahun ini memang belum bisa bersaing di urutan terdepan. Namun Danilo Petrucci tampil konsisten di musim balap 2015. Dalam tujuh kesempatan, ia selalu bisa menuntaskan balapan hingga lap terakhir.

Kini Petrucci ada di urutan 11 klasemen. Untuk sementara pembalap 24 tahun itu memiliki 39 poin.

8. Loris Baz

Sepak Terjang Pembalap Muda di MotoGP 2015



Athinà Forward Racing mempekerjakan Loris Baz di musim 2015. Meski ini musim pertamanya, sang pembalap dapat tampil cukup konsisten di tujuh kesempatan.

Baz hanya sekali mengalami kegagalan yakni pada GP Spanyol, 3 Mei 2015 lalu. Untuk sementara ia menempati peringkat 16 dengan raihan 13 poin.

9. Scott Redding

Sepak Terjang Pembalap Muda di MotoGP 2015



Pembalap berusia 22 tahun ini dipercaya memperkuat Honda Estrella Galicia 0,0 Marc VDS. Sayangnya ia gagal bersinar karena belum bisa bersaing memperebutkan podium juara.

Prestasi terbaik Redding di musim ini hanya finis di urutan ke sembilan. Pada papan klasemen, ia berada di peringkat 13 dengan perolehan 27 poin.

10. Jack Miller

Sepak Terjang Pembalap Muda di MotoGP 2015



Di usianya yang masih 20 tahun, Jack Miller sudah dipercaya tampil pada ajang MotoGP. Pembalap kebangsaan Australia yang dijuluki The Next Casey Stoner itu untuk sementara berada di posisi 18 klasemen dengan raihan 11 poin.

Meski peringkatnya masih di urutan bawah, Miller terbukti lebih baik dari empat pembalap senior seperti Alex de Angelis, Nicky Hayden, Marco Melandri dan Stefan Bradl.
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6280 seconds (0.1#10.140)