Pemanasan Global Buat Suhu Trek MotoGP Naik 15 Derajat

Kamis, 18 Juni 2015 - 12:17 WIB
Pemanasan Global Buat...
Pemanasan Global Buat Suhu Trek MotoGP Naik 15 Derajat
A A A
BARCELONA - Perubahan iklim akibat aktivitas masif umat manusia juga berdampak pada kebijakan teknis balap MotoGP. Pada balapan di Sirkuit Catalunya akhir pekan lalu, produsen ban balap Bridgestone dilaporkan kesulitan membuat penyesuaian.

Balapan di Sirkuit Catalunya telah selesai dengan kemenangan keempat secara beruntun Jorge Lorenzo musim ini. Tetapi di balik riuh-rendah kesuksesan Lorenzo, ada peran produsen yang merancang ban khusus untuk menaklukan sirkuit 16 tikungan itu.

Seperti kita ketahui, balapan di Sirkuit Catalunya dijalankan dalam keadaan terik meski hujan sempat turun saat sesi latihan bebas kedua. Situs resmi MotoGP melaporkan, hari pada saat digelarnya balapan merupakan hari terpanas dari semua sesi grand prix di Spanyol, karena mencapai suhu 55°celcius, atau 15° lebih tinggi dari tahun lalu.

Bagaimana produsen ban membantu pembalap mengelola kondisi sirkuit semacam itu? Manejer Pengembangan Ban Balap Bridgestone, Shinji Aoki menjelaskan, pihaknya menyediakan ban dengan kompon lembut.

"Ketika merencanakan alokasi ban untuk GP Catalunya, ban belakang sengaja dibuat dengan senyawa lebih lembut, lebih lembut dari tahun lalu. Pilihan ban belakang lembut membantu mengkompensasi kurangnya grip yang di permukaan aspal trek Catalunya," kata Aoki, dikutip MotoGP, Kamis (18/6/2015).

"Fokus kita adalah bahwa suhu trek untuk balapan tahun ini 15 derajat lebih tinggi dari perlombaan tahun lalu. Umumnya ketika suhu trek mencapai lebih dari 50 derajat, tingkat grip dari aspal berkurang jauh. Jadi kondisi trek untuk balapan tahun ini jauh lebih buruk dari tahun lalu, namun total waktu balapan adalah 3,7 detik lebih cepat dari tahun lalu yang merupakan hasil yang sangat baik bagi kita!" lanjut Aoki.

Sebelumnya diberitakan, Bridgestone telah merekomendasikan dua jenis ban dengan karakter berbeda. Ban kering dengan senyawa kompon lembut, sedang dan keras. Lalu ban basah dengan senyawa kompon keras dan lembut. Dua jenis ban dengan tingkat kelembutan berbeda itu menjadi rekomendasi Bridgstones untuk balapan di Catalunya. (Baca juga : Catalunya Jadi Sirkuit Tersulit Para Pembalap)
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2511 seconds (0.1#10.140)