Trauma, Peserta Tunggu Izin Turnamen

Rabu, 08 Juli 2015 - 09:57 WIB
Trauma, Peserta Tunggu Izin Turnamen
Trauma, Peserta Tunggu Izin Turnamen
A A A
MALANG - Klub level satu di Jawa Timur seirama dalam keikutsertaan di Piala Indonesia Satu, turnamen yang digagas Mahaka Sports. Persela Lamongan, Arema Cronus, Persebaya Surabaya, dan Persegres Gresik United menyatakan siap terlibat.

Sikap klub tersebut diketahui setelah Mahaka Sports menggelar pertemuan dengan calon kontestan pada Senin (6/7). Klub Jawa Timur yang sebelumnya tak begitu yakin dengan hajatan ini akhirnya tergoda juga. Tapi, semua klub butuh garansi kepastian pelaksanaan sebelum akhirnya menggelar persiapan. Persela dan Persegres adalah dua klub yang sebelumnya kurang berselera dengan wacana turnamen itu.

Tapi, pada akhirnya mereka tetap mengikuti karena mayoritas klub ISL bakal ikut, berdasarkan yang hadir dalam pertemuan. “Memang sebelumnya kami tidak memiliki rencana ikut. Tapi, ternyata klub-klub cukup kompak di turnamen Indonesia Satu. Sekarang, tinggal menunggu bagaimana pelaksanaannya, ada masalah lagi atau tidak,” ujar Yunan Achmady, manajer Persela.

Walau menyatakan ambil bagian, Laskar Joko Tingkirtidak lantas bernafsu memanggil semua komponen tim. Persela masih menunggu kepastian, baik verifikasi BOPI maupun izin keamanan. “Semua harus beres dulu,” tandas Yunan. Sikap datar juga diperlihatkan Pelatih Arema Suharno. Dia tidak keburu memikirkan program untuk turnamen tersebut sebelum manajemen menyatakan bahwa eventtersebut resmi digelar tanpa masalah.

Suharno mengakui masih ada “trauma”. Pihaknya masih sangat ragu dengan pergelaran turnamen atau kompetisi di Indonesia saat ini. “Saya sihbelum antusias. Tinggal menunggu kabar dari manajemen pasti atau tidak. Lha wongyang pasti saja bisa batal, seperti di Banyuwangi kemarin,” kata pelatih asal Klaten ini.

Arema diwacanakan sebagai salah satu tuan rumah di Stadion Kanjuruhan. Manajemen Arema menyatakan siap menjadi tuan rumah sejauh ada izin dari kepolisian. “Kalau izin tak ada masalah, kami selalu siap jadi tuan rumah,” ujar General Manager Arema Ruddy Widodo. Persoalan izin memang bisa menjadi batu sandungan pelaksanaan.

Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) menyatakan belum memberikan rekomendasi apa pun. Sejauh ini yang disampaikan BOPI kepada pihak Mahaka Sports and Entertainment selaku promotor, hanya sebatas surat dukungan. Ketua BOPI Noor Aman menyatakan, jika klub-klub yang nantinya tampil di Piala Indonesia Satu wajib melewati fase verifikasi dari pihak mereka.

“Syaratnya sama seperti dengan saat BOPI melakukan verifikasi klub-klub ISL yang kemarin kami lakukan. Beberapa poin verifikasinya dan poin penting seperti legalitas dan keuangan itu jadi yang utama,” kata Noor Aman. Turnamen Piala Indonesia Satu memakai format pembagian wilayah.

Pihak Mahaka sudah menunju kempat tempat seperti Bandung, Malang, Makassar, dan Bali sebagai tuan rumah. Turnamen rencananya akan mulai dimainkan per 15 Agustus mendatang.“ Dari 12 klub yang disebutkan sudah mengonfirmasiakan ikut diturnamen ini,” papar CEO Mahaka Hasani Abdul Gani.

Decky irawan jasri/ kukuh setyawan
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5348 seconds (0.1#10.140)