Pengungkap Aib FIFA Dihukum Seumur Hidup

Kamis, 09 Juli 2015 - 21:45 WIB
Pengungkap Aib FIFA Dihukum Seumur Hidup
Pengungkap Aib FIFA Dihukum Seumur Hidup
A A A
ZURICH - Mantan anggota Komite Eksekutif FIFA dan Sekretaris Jenderal CONCACAF Chuck Blazer disanksi seumur hidup tidak boleh ambil bagian dalam setiap jenis kegiatan sepak bola di tingkat nasional dan internasional. Hukuman itu dijatuhkan FIFA dalam Rapat Independen Komite Etik FIFA yang dipimpin Hans-Joachim Eckert,

"Mr Blazer melakukan berbagai pelanggaran secara terus-menerus dan berulang-ulang selama menjabat berbagai posisi penting dan berpengaruh di FIFA dan CONCACAF," demikian pernyataan FIFA, Kamis (9/7/2015).

Menurut FIFA, dalam posisi sebagai pejabat sepak bola, Blazer merupakan pemain kunci dalam skandal penawaran, penerimaan, pembayaran ilegal, suap serta penyelewengan dana. Atas perilakunya itu, Blazer dinyatakan bersalah karena telah melanggar sejumlah aturan Kode Etik FIFA.

Aturan yang dilanggar adalah Pasal 13 tentang Peraturan Umum, Pasal 15 (Loyalitas), Pasal 16 (Kerahasiaan), Pasal 18 (Tugas Pengungkapan, Kerjasama dan Pelaporan), Pasal 19 (Konflik kepentingan), Pasal 20 (Menawarkan dan menerima hadiah dan manfaat lainnya), serta Pasal 21 (Penyuapan dan korupsi).

Keputusan menjatuhkan sanksi seumur hidup juga diambil atas dasar penyelidikan yang dilakukan oleh Tim Investigasi Komite Etik dalam menanggapi laporan akhir dari Komite Integritas CONCACAF dan fakta-fakta terbaru yang disajikan oleh Kejaksaan AS, Distrik Timur New York. Hukuman Blazer berlaku sejak pernyataan FIFA diumumkan.

Blazer, pria kelahiran New York City, AS, 26 April 1945, itu mengaku bersalah di pengadilan AS atas tuduhan korupsi berhubungan dengan sepak bola, termasuk menerima suap untuk memilih Afrika Selatan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2010. Blazer juga diketahui sebagai pengungkap aib atau whistleblower untuk Federal Bureau of Investigation (FBI) dalam mengungkap kasus korupsi di FIFA, setelah dia ditangkap pada 2011.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3875 seconds (0.1#10.140)