5 Bintang NBA Kidal Terbaik Sepanjang Masa

Selasa, 21 Juli 2015 - 13:27 WIB
5 Bintang NBA Kidal Terbaik Sepanjang Masa
5 Bintang NBA Kidal Terbaik Sepanjang Masa
A A A
JAKARTA - Seperti halnya permainan sepak bola, pemanfaatan tubuh bagian kiri (kidal) dalam olah raga basket merupakan hal yang cukup unik. Sepanjang sejarah NBA, ada sedikitnya lima pebasket bertangan kidal yang sukses baik untuk klub maupun rekor pribadi.

Pebasket kidal pertama yang mencuri perhatian dunia eksis di tahun 1930an, ketika olahraga ini tengah tumbuh dan diminati pemuda di Amerika Serikat. Dia adalah Bill Russell, yang bermain untuk Boston Celtics.

Seiring berkembangnya kecintaan masyarakat AS terhadap olahraga lempar bola ini, muncul pebasket-pebasket kidal lain yang bakatnya tidak kalah mengagumkan. Contohnya adalah James Harden yang masih eksis hingga saat ini.

Untuk lebih mengenal sosok mereka, berikut Sindonews perkenalkan lima pebasket kidal NBA yang sukses mencuri perhatian. (Baca juga : Empat Mantan Pemain yang Sukses Jadi Pelatih NBA)

1. Bill Russell (Boston Celtics)
5 Bintang NBA Kidal Terbaik Sepanjang Masa


Kendati memulai karier di akhir 1930an, nama Bill Russell justru baru harum di awal 1950 ketika dia berhasil menyumbang 11 gelar juara NBA bagi klub asal kota Boston. Keberhasilan Russell mengangkat pamor Bolton Celtics tidak berhenti di level pemain.

Pria kelahiran Louisiana, 1934, menambah koleksi gelar juara Celtics di tahun pertamanya melatih tim tersebut. Empat tahun setelahnya, dia memutuskan untuk melatih Seattle SuperSonics dan Sacramento Kings. Namun jasa besarnya membuat nama Bill Russell selalu di terkenang dalam ingatan para pendukung fanatik Celtics

2. Adrian Dantley (Milwaukee Bucks)
5 Bintang NBA Kidal Terbaik Sepanjang Masa


Pemilik nama lengkap Adrian Delano Dantley ini merupakan bekas pemain NBA yang pernah eksis di era 1976 bersama Buffalo Braves. Sebelum akhirnya pensiun di klub Milwaukee Bucks tahun 1991, Dantley sempat bersinar saat membela Utah Jazz (1979-1986) dan Detroit Pistons (1986-1989).

Selama 15 tahun berkiprah di NBA, shooting guard ini enam kali terpilih sebagai pemain NBA All-Star, yaitu dari tahun 1980 hingga 1986. Di tahun 1977 Adrian Dantley terpilih sebagai Rookie of the Year. Selain itu, ia juga sempat terpilih sebagai penyumbang poin terbanyak di NBA di tahun 1981 dan 1984.

3. Toni Kukoc (Chicago Bulls)
5 Bintang NBA Kidal Terbaik Sepanjang Masa


Nama Kukoc mulai dikenal ketika dia diboyong Chicago Bulls di tahun 1993. Meski bukan sebagai pemain yang dielu-elukan saat itu, Kukoc yang merupakan warga negara Kroasia merupakan pemain kunci Bulls meraih gelar NBA.

Dibekali keterampilan tangan kidal, Kukoc mempunyai akurasi tembakan yang baik. Terbukti ia tercatat sebagai pemain kidal NBA yang memiliki akurasi tembakan paling tepat saat melakukan lemparan three point.

Selama berkarir di pentas NBA, raksasa 2,11 meter itu menyumbang tiga gelar untuk Chicago Bulls dan tercatat sebagai 50 Atlet Terbaik di Eropa pada zamannya.

4. Manu Ginobili (San Antonio Spurs)
5 Bintang NBA Kidal Terbaik Sepanjang Masa


Manu Ginobili adalah warga negara Argentina yang berhasil unjuk gigi di kompetisi NBA. Pemain kelahiran 28 Juli 1977 ini berposisi sebagai point guard.

Ginobili memulai karier profesionalnya bersama klub basket Argentina bernama Andino Sport Club. Di tahun 2002 akhirnya ia direkrut San Antonio Spurs dari klub Italia, Virtus Bologna. Selama membela Spurs sendiri, Ginobili telah menyumbangkan empat gelar NBA, yaitu di tahun 2003, 2005, 2007, dan 2014.

Ginobili juga berhasil membawa timnas bola basket Argentina mengalahkan timnas bola basket Amerika Serikat di Olimpiade Athena 2004. Berkat kemenangan tersebut, Argentina berhasil membawa pulang medali emas.

5. James Harden (Houston Rockets)
5 Bintang NBA Kidal Terbaik Sepanjang Masa


Nama James Harden Edward Junior disebut-sebut layak masuk dalam lima pemain kidal NBA terbaik sepanjang masa. Pemain kelahiran 26 Agustus 1989 ini, dalam beberapa tahun terakhir selalu terpilih sebagai pemain NBA All-Star.

Tercatat dari tahun 2013 hingga saat ini, James Harden yang memperkuat Houston Rockets sering dipilih sebagai NBA All-Star Players kendati usianya sudah tidak muda lagi. James Harden sudah menyumbangkan medali emas untuk timnas bola basket Amerika Serikat di ajang Olimpiade London 2012 dan Piala Dunia Bola Basket 2014 di Spanyol.
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8766 seconds (0.1#10.140)