Ini Sosok Nasiruddin, Mantan Wasit Indonesia yang Jadi Mafia Bola

Selasa, 21 Juli 2015 - 16:35 WIB
Ini Sosok Nasiruddin, Mantan Wasit Indonesia yang Jadi Mafia Bola
Ini Sosok Nasiruddin, Mantan Wasit Indonesia yang Jadi Mafia Bola
A A A
JAKARTA - Biro Investigasi Praktik Korupsi Singapura (CPIB), berhasil meringkus seorang oknum asal Indonesia bernama Nasiruddin yang terlibat pengaturan skor (match fixing) pertandingan sepak bola di SEA Games 2015 lalu. Pengadilan Negeri Singapura lalu menjatuhkan hukuman 30 bulan penjara, Selasa (21/7/2015). Berdasarkan rekam jejaknya, tindakan pria berusia 52 tahun itu bukan yang pertama.

Nasiruddin tertangkap tangan CPIB terkait keterlibatannya dalam kasus suap laga pembuka Grup B cabang sepak bola SEA Games 2015 yang mempertemukan Timor Leste vs Malaysia, 30 Mei lalu. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, ia dipenjara selama 30 bulan atau 2,5 tahun di Singapura. (Baca Juga: Terkait Pengaturan Skor SEA Games 2015, Mafia Bola Asal Indonesia Ditangkap)

Siapa sebenarnya Nasiruddin? Dilansir Channel News Asia, Selasa (21/7/2015), pria tersebut merupakan sosok yang pernah akrab dengan sepak bola Indonesia. Dia diketahui mantan wasit berpengalaman di belantika sepak bola Indonesia.

Dari penelusuran Sindonews, catatan kelam ternyata pernah disematkan pada dirinya. Nasiruddin terlibat dalam kasus yang sama dan dalam ajang yang sama. Ketika itu, ia bersama 10 orang wasit Indonesia lainnya terbukti terlibat match fixing dalam ajang SEA Games 1997. Kasus tersebut juga menyeret nama Djafar Umar yang saat itu menjabat sebagai Ketua Komisi Wasit PSSI.

Imbasnya, Nasiruddin pernah dihukum larangan berkecimpung dalam sepak bola Indonesia selama 10 tahun. Ironisnya, 'Sang Mantan Wasit' kini terjerat kasus yang sama di negara tetangga.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.4033 seconds (0.1#10.140)