Los Angeles Kandidat Pengganti Boston

Rabu, 29 Juli 2015 - 10:05 WIB
Los Angeles Kandidat Pengganti Boston
Los Angeles Kandidat Pengganti Boston
A A A
COLORADO - Komite Olimpiade Amerika Serikat (USOC) sudah memiliki kota alternatif untuk mengganti Boston sebagai tuan rumah Olimpiade 2024. Mereka menyebut ada tiga tempat yang pantas untuk menyelenggarakan multievent terbesar di dunia tersebut.

Pengunduran diri Boston ini dilakukan setelah pemerintah tidak mampu membayar pajak menjadi tuan rumah. Wali Kota Boston Marty Walsh menyatakan enggan menggadaikan masa depan kota tanpa melihat manfaat dari ajang tersebut. Dia merasa kota membutuhkan biaya besar untuk menyelenggarakan ajang tersebut.

Langkah ini langsung disambut lega warga Massachusetts, meski mereka sudah melakukan dana USD8,6 juta selama kampanye. Mereka juga berhasil mengalahkan Los Angeles, San Francisco, dan Washington saat melakukan pemilihan. ”Kami tidak mendapatkan dukungan dari warga Boston untuk mendukung menjadi tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade 2024,” kata Ketua Eksekutif USOC Scott Blackmun, dilansir Reuters.

”Karena itu, USOC berpikir dengan kurangnya dukungan dari mayoritas warga Boston tidak akan memungkinkan bisa menang,” ujarnya. Dengan penarikan diri ini, USOC akan membuka pencalonan terhadap kota lain di Negeri Paman Sam itu. Pihak USOC belum menentukan pilihan terhadap kota lain.

Meski begitu, Los Angeles dikabarkan tertarik menjadi tuan rumah pergelaran olahraga akbar sedunia itu. Selain Los Angeles, Washington, dan San Francisco juga kembali memiliki kesempatan untuk menyelenggarakan Olimpiade pada musim panas 2024 tersebut. Hal ini dilakukan agar AS tetap bersaing menjadi tuan rumah. Namun, Negeri Paman Sam, sebutan lain AS, ini harus bersaing dengan Paris, Roma, Budapest, dan Hamburg.

Mundurnya Boston membuat kota lain di Amerika Serikat memiliki kesempatan melakukan penawaran menjadi tuan rumah untuk ajang tersebut. Namun, tenggat waktu pengajuan diri tersebut kepada Komite Olimpiade Internasional (IOC) adalah 15 September mendatang.

”Kami akan mempertimbangkan tawaran kota lain mengingat batas waktu yang didapatkan USOC. Mereka sangat ingin melihat Amerika Serikat menjadi tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade pada 2024,” ujar Blakcmun. Terakhir kali Amerika Serikat menjadi tuan rumah olimpiade pada 1996 lalu saat digelar di Atlanta. Sementara pada Olimpiade musim dingin mereka menjadi tuan rumah saat Salt Lake City menggelarnya pada 2002.

Raikhul amar
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6318 seconds (0.1#10.140)