Tren Ferrari Lebih Baik

Kamis, 30 Juli 2015 - 08:21 WIB
Tren Ferrari Lebih Baik
Tren Ferrari Lebih Baik
A A A
MARANELLO - Peluang Seabastian Vettel merebut gelar juara dunia Formula One (F1) musim ini kembali terbuka. Tim Ferrari berhasil menunjukkan kemajuan setelah merebut kemenangan di GP Hungaria, akhir pekan kemarin.

Vettel membuktikan layak sebagai kandidat kuat pesaing dari duo pembalap Mercedes Lewis Hamilton dan Nico Rosberg. Dia menjadi satusatunya driveryang mampu merusak dominasi pesaingnya itu musim ini. Selain menang di Sirkuit Hungaroring, pembalap asal Jerman itu juga meraih kesuksesan di GP Malaysia.

Menurut Direktur Teknis Ferrari James Allison, peningkatan yang dilakukan Ferrari menunjukkan kemajuan yang cukup pesat di balapan terakhir. Bahkan, tim berlambang kuda jingkrak ini sebenarnya bisa mengakhiri balapan di posisi pertama dan kedua andai Kimi Raikkonen tidak mengalami masalah mesin di Hungaroring. Sebelum mobilnya bermasalah, Raikkonen sempat menempel ketat Vettel di posisi kedua.

Padahal, Allison sempat tak percaya dengan hasil timnya karena sempat mengalami masalah dalam mencari set-up mobil pada sesi latihan. “Saya rasa kami sekarang sama (dengan Mercedes). JikaAnda balapan dengan baik di awal dan berada diatas, akan memiliki balapan tanpa masalah. Itu membuat banyak perbedaan secara keseluruhan,” kata Allison, dilansir Crash. “Sekarang, kecepatan kami mirip dengan Hamilton. Tapi, mereka mengalami kesulitan sendiri di ungaroring dan itu juga terjadi di Malaysia,” lanjutnya.

Keberhasilan Vettel terbilang meningkat dibandingkan setengah musim lalu. Tahun ini, juara dunia empat kali itu telah mengumpulkan 160 poin atau tertinggal 42 angka dari Hamilton yang berada di puncak klasemen pembalap sementara. Pada tahun lalu, untuk waktu setengah musim, dia hanya mampu merebut 82 poin dalam 10 balapan awal saat bersama Red Bull Racing.

Kontribusi Ferrari membuat peningkatan yang signifikan dari musim 2014. Pada 10 racepertama, tim yang bermarkas di Maranello itu hanya mengoleksi 101 poin. Tahun ini, mereka telah menghasilkan 236 poin. Meski masih tertinggal 147 angka, Ferrari tetap optimistis bisa merebut lebih banyak kemenangan di sisa musim ini. Meski begitu, Ferrari tidak boleh terlalu jemawa.

Meski Mercedes gagal membawa pembalapnya menginjakkan kaki di podium yang pertama kali sejak 17 balapan terakhir, mereka tetap yang terbaik di musim ini. Apalagi, Hamilton dan Rosberg telah membawa timnya mengumpulkan 383 poin dalam 10 balapan dan ini lebih bagus dibandingkan musim lalu dengan mengumpulkan 366 poin.

Allison mengakui kesuksesan Vettel meraih kemenangan di Hungaroring membuat pabrikan asal Italia itu semakin percaya diri menatap seri berikutnya di Spa Francorchamps, Belgia, 23 Agustus mendatang.

“Kami sekarang menghadapi tantangan, dari Spa (Belgia) dan seterusnya. Kami akan melakukan perubahan sedikit dan bekerja dengan apa pun yang kami lakukan untuk memberikan pembalap memiliki mobil kompetitif sejak awal balapan,” pungkasnya.

Raikhul amar
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7425 seconds (0.1#10.140)