Tiga Rekor Terpecahkan

Rabu, 05 Agustus 2015 - 09:47 WIB
Tiga Rekor Terpecahkan
Tiga Rekor Terpecahkan
A A A
KAZAN - Perenang putri benar-benar memanfaatkan momentum dengan maksimal pada Kejuaraan Dunia Akuatik 2015. Terbukti, ada tiga rekor dunia baru yang mampu diciptakan saat berlomba di Kazan Arena, Rusia.

Salah satunya adalah perenang asal Hungaria Katinka Hosszu. Dia sukses menunjukkan penampilan luar biasa setelah menjadi yang tercepat pada nomor 200 meter gaya ganti, Senin (3/8) malam waktu setempat. Iron Lady—julukan Hosszu—mencatat waktu 2 menit 06,12 detik atau lebih cepat 0,03 detik dari rekor sebelumnya yang dicetak Ariana Kukors dari Amerika Serikat (AS) pada Kejuaraan Dunia 2009 di Roma.

Hebatnya, Hosszu mendapatkan rekor tersebut dengan cara sangat mengagumkan. Pasalnya, pakaian renang neoprene yang membantu kecepatan perenang sudah dilarang. Sementara Kukors yang mencetak rekor dunia sebelumnya masih menggunakan pakaian renang yang dibuat dengan teknologi itu. Yang jelas, perenang berusia 26 tahun ini mengaku senang karena targetnya tercapai.

“Sejujurnya saya hanya mencoba berenang secepatnya. Tentu, rekor juga saya pikirkan. Itu tujuan saya. Namun, sebelum perlombaan, saya hanya berusaha melakukan yang terbaik dan berenang secepat mungkin. Ternyata saya memecahkan rekor. Ini sempurna,” ujar Hosszu, dilansir Fina. Selain Hosszu, Katie Ledecky dari AS juga memecahkan rekor dunia pada nomor 1.500 meter gaya bebas putri. Perenang berusia 18 tahun yang juga menguasai rekor dunia 400 meter dan 800 meter gaya bebas putri itu mencatat waktu 15 menit 27,7 detik.

Catatan waktu itu lebih baik dari rekor sebelumnya yang diciptakannya pada ajang Pan-Pacific Games di Gold Coast, Australia, Agustus 2014. Saat itu Ledecky mencatat waktu tercepat 15 menit 28,36 detik. Ledecky, peraih medali emas 800 meter gaya bebas putri di Olimpiade London 2012 saat berusia 15 tahun, mengaku terkejut dengan pencapaiannya tersebut. Dia menilai rekornya kali ini menjadi yang paling istimewa dibandingkan rekor-rekor sebelumnya.

“Ini mungkin salah satu rekor dunia paling keren yang saya pecahkan. Meski masing-masing memiliki keunikan sendiri, ini membuktikan bahwa saya bekerja dengan keras,” paparnya. Sebelumkeduaperenangitu, Sarah Sjostromdari Swedia juga berhasil mencetak rekor dunia yang baru. Berlomba pada nomor 100 meter gaya kupu-kupu putri, dia tampil mengesankand engan mencatatkan waktu 55,64 detik. Bahkan, saat di semifinal, perenang berusia 21 tahun itu juga telah menumbangkan rekor milik Danna Volmer (Amerika Serikat) dengan torehan 55,98 detik di Olimpiade London 2012 dengan 55,74 detik.

“Saya telah menunggu enam tahun untuk memecahkan rekor pribadi saya dan akhirnya berhasil mempertajam sepersekian detik,” papar Sjostrom.

Raikhul amar
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5154 seconds (0.1#10.140)