Dari Petr Cech, John Obi Mikel, hingga Pedro Rodriguez

Sabtu, 22 Agustus 2015 - 10:52 WIB
Dari Petr Cech, John Obi Mikel, hingga Pedro Rodriguez
Dari Petr Cech, John Obi Mikel, hingga Pedro Rodriguez
A A A
JAKARTA - Sukses menggaet Pedro Rodriguez menjadikan Chelsea klub ”tukang bajak”. The Blues berhasil menelikung winger tim nasional Spanyol itu dari Manchester United (MU) pada menitmenit akhir. Uniknya, keberhasilan Chelsea membajak pemain dari rival domestiknya bukan kali ini saja terjadi.

Catatan menunjukkan, sejumlah pesepak bola memilih Stamford Bridges meski ada klub lain yang intensif melakukan lobi. Mereka antara lain Willian, John Obi Mikel, Juan Manuel Mata, Mohamed Salah, Arjen Robben, atau Petr Cech.

PETR CECH Pada 2002, Arsene Wenger hampir mendatangkan Cech dari Sparta Praha. Karena masalah izin kerja, kiper timnas Republik Ceko itu batal terbang ke London Utara. Lalu, pada 2004, Arsenal mencobanya lagi saat Cech sudah bermain di Prancis bersama Rennes. Sayang, dia lebih memilih The Blues.

ARJEN ROBBEN Pada 2003, Robben terbang ke Inggris dari Belanda untuk bertemu Sir Alex Ferguson. Bahkan, Presiden PSV Eindhoven Harry van Raaij saat itu memberi Fergie jersey Robben sebagai kenang-kenangan. Tiba-tiba, Roman Abramovich datang dengan 12,1 juta pounds. PSV dan Robben setuju.

JOHN OBI MIKEL Pada 2005, Mikel (masih berusia 18 tahun) menandatangani dokumen perjalanan dari Norwegia ke Inggris dengan tujuan Manchester. Dalam sebuah sesi konferensi pers, dia bahkan sudah mengenakan jersey MU. Lalu, Mikel membuat pernyataan bahwa dia dipaksa bergabung dengan MU. Kemudian, dia terbang ke London Barat.

JUAN MANUEL MATA Pada 2011, Arsenal melobi Valencia untuk jasa Mata. Mereka mengajukan tawaran 18 juta pounds. Selanjutnya, Chelsea datang dengan proposal 23,5 juta pounds. Valencia pun menjual Mata ke The Blues .

WILLIAN Pada 2013, Tottenham Hotspur melakukan negosiasi intensif untuk Willian Borges da Silva dari Anzhi Makhachkala. Kata sepakat dengan Spurs hampir tercapai saat Roman Abramovich menelepon Suleyman Kerimov (pemilik Anzhi). Dengan 32 pounds, Willian bergabung dengan Chelsea. Tottenham pun marah besar.

MOHAMED SALAH Pada 2013, Liverpool mengumumkan sedang melakukan negosiasi dengan Salah dan FC Basel. Namun, setelah 2,5 bulan, kesepakatan belum juga tercapai. Lalu, pada Januari 2014, Chelsea langsung memberi Basel 11 juta pounds. Salah setuju dan transfer terjadi.

Andri Ananto
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8998 seconds (0.1#10.140)