Pembalap Italia Jajah Negeri Ratu Elizabeth

Senin, 31 Agustus 2015 - 13:34 WIB
Pembalap Italia Jajah Negeri Ratu Elizabeth
Pembalap Italia Jajah Negeri Ratu Elizabeth
A A A
SILVERSTONE - GP Inggris 2015 yang berlangsung Minggu (30/8/2015) menegaskan dominasi pembalap Italia di Sirkuit Silverstone. Padahal, dalam lima tahun terakhir, sirkuit tersebut banyak dimenangkan pembalap Spanyol.

Pada balapan ke-12 musim ini, tiga podium di Silverstone dikuasai tiga pembalap Italia yakni; Valentino Rossi, Danilo Petrucci dan Andrea Dovizioso. Secara historis, hal itu merupakan rekor tersendiri.

"Ketika saya melihat Marc Marquez (pembalap Spanyol) terjatuh, saya melambat. Tetapi ini adalah MotoGP, Anda tidak bisa melakukan hal itu," kata Rossi yang memengkan GP Inggris 2015, dikutip Crash, Senin (31/8/2015).

Sejak kembali digelar pada 2010, persaingan di Sirkuit Silverstone selalu didominasi pembalap asal Spanyol. Pada tahun pertama, Marc Marquez dan Jorge Lorenzo meraih juara di dua kelas berbeda.

Marquez jadi pemenang dalam kelas 125cc sedangkan Lorenzo berjaya di ajang MotoGP. Satu kelas lainnya yakni Moto2 dimenangkan oleh pembalap Prancis, Jules Cluzel. (Baca juga : Dalam Lima Tahun, Sirkuit Silverstone Dijajah Pembalap Spanyol)

Dominasi pembalap Spanyol sempat rusak pada 2011, ketika Jonas Folger (Jerman) berhasil meraih juara di kelas 125cm, Stefan Bradl (Jerman) di kelas Moto2 dan Casey Stoner (Australia) di pentas MotoGP.

Setahun berikutnya, pembalap asal Spanyol langsung menebus kegagalan. Dalam tiga kelas berbeda, pembalap dari Negeri Matador sukses berjaya di lintasan 5,8 km tersebut. Maverick ViƱales (Moto3), Pol Espargaro (Moto2) dan Jorge Lorenzo (MotoGP) adalah pembalap Spanyol yang berhasil meraih kemenangan di GP Silverstone.

Sekadar informasi, terakhir kali pembalap Italia menguasai podium balap musim ini ketika Rossi, Dovizioso dan Andrea Iannone finis di Sirkuit Losail, Qatar, bulan Maret lalu. (Baca juga : Rossi Menang Sensasional Saat Guyuran Hujan di Silverstone)
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7044 seconds (0.1#10.140)