Jerome Valcke Tersandung Korupsi Penjualan Tiket

Jum'at, 18 September 2015 - 09:43 WIB
Jerome Valcke Tersandung Korupsi Penjualan Tiket
Jerome Valcke Tersandung Korupsi Penjualan Tiket
A A A
ZURICH - FIFA resmi mengumumkan penangguhan Sekretaris Jenderal Jerome Valcke dari tugas-tugas atas klaim penjualan tiket ilegal di Piala Dunia 2010. Ini adalah kabar terbaru sejak penangkapan sejumlah pejabat FIFA pada Mei lalu.

"FIFA hari ini mengumumkan bahwa sekretaris umum Jerome Valcke telah diberikan surat cuti (penangguhan) dan dibebaskan dari tugas-tugasnya sampai pemberitahuan lebih lanjut. Selanjutnya, FIFA telah dibuat sadar dari serangkaian tuduhan yang melibatkan sekretaris umum dna telah meminya penyelidikan resmi oleh komite etik FIFA," demikian pernyataan resmi FIFA seperti dilansir The Guardian, Jumat (18/9/2015).

Valcke sendiri sudah lama masuk dalam radar penegak hukum pasca Sepp Blatter resmi mengundurkan diri sebagai orang nomor satu di Federasi Sepak Bola Dunia. Bukti keterlibatan Sekretaris Jenderal itu menyusul kasus pembayaran US$10 juta yang tengah diselidiki oleh aparat penegak hukum di Amerika Serikat beredar.

Valcke terlibat dalam transfer 10 juta dolar ke akun Bank of America terkait dengan salah satu pejabat FIFA yang baru-baru ini ditangkap, Jack Warner. Namun, terdapat bukti sebuah surat dari SAFA kepada sekjen FIFA yang didapatkan oleh Press Association, yang membuktikan Valcke mengetahui hal tersebut.

Jaksa Amerika mengatakan pembayaran tersebut adalah uang suap untuk memastikan Piala Dunia 2010 diselenggarakan di Afrika Selatan.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6398 seconds (0.1#10.140)