Lima Korban 'Keganasan' Fase Grup Liga Champions

Jum'at, 18 September 2015 - 17:43 WIB
Lima Korban Keganasan Fase Grup Liga Champions
Lima Korban 'Keganasan' Fase Grup Liga Champions
A A A
ROMA - Laga perdana fase grup Liga Champions musim 2015-2016 baru saja berakhir saat 32 klub saling bertarung dalam 16 laga yang bergulir tengah pekan kemarin. Tensi tinggi pertandingan antar klub terbaik Eropa di kasta tertinggi, tidak hanya menghadirkan drama tapi juga petaka buat beberapa pemain bintang. Melakoni laga perdana penyisihan grup Liga Champions dengan harapan mampu memberikan kontribusi terbaik buat tim, namun pemain ini justru mendapatkan cedera serius.

(Baca Juga: 10 Wonderkids Calon Bintang Liga Champions 2015-2016)

Ancaman absen panjang hingga tamatnya karir para pemain ini, menghantui beberapa penggawa tim-tim besar Eropa setelah melakoni laga perdana di penyisihan grup Liga Champions musim ini. Sementara bagi klub, kehilangan pemain kunci mereka menjadi pukulan telak mengingat masih ada laga krusial di kompetisi domestik yang harus mereka jalani. Dari sekian banyak pemain yang cedera, berikut daftar lima korban dengan cedera serius usai menyelesaikan laga perdana fase grup Liga Champions musim ini.

1. Rafinha (Barcelona)

Tidak hanya gagal memetik poin sempurna dalam lawatan ke markas AS Roma di laga perdana penyisihan Grup E Liga Champions, Barcelona juga dipaksa kehilangan salah satu pemain kunci mereka. Rafinha mendapatkan tekel mengerikan dari Radja Nainggolan yang coba menghentikan pergerakan lincah pemain La Blaugrana itu dengan menjepit kaki dari arah belakang. Buntutnya Rafinha yang baru masuk menggantikan Rakitic harus ditarik keluar setelah 90 detik merumput akibat cedera.

Lima Korban 'Keganasan' Fase Grup Liga Champions


Selepas menjalani tes medis usai laga, cedera yang dialami gelandang Barcelona, Rafinha Alcantara lebih buruk dari perkiraan. Hasil pemeriksaan medis lanjutan, memastikan Rafinha mengalami sobek anterior cruciate ligament (ACL) di lutut kanannya. Dalam beberapa hari ke depan, gelandang kelahiran Sao Paulo itu dijadwalkan naik meja operasi untuk pembedahan.

Rafinha diperkirakan absen hingga enam bulan ke depan. Artinya, pemain yang sempat dipinjamkan ke Celta Vigo itu kemungkinan tidak memperkuat Barcelona hingga akhir musim. Rafinha yang harus absen panjang jadi pukulan telak buat skuat besutan Luis Enrique yang meski sukses menyapu bersih tiga kemenangan awal, namun diklaim belum memberikan performa terbaiknya lantaran selalu menang dengan skor minim.

2. Luke Shaw (Manchester United)

Selanjutnya ada Luke Shaw yang gara-gara tekel keras pemain PSV Eindhoven, Hector Moreno membuat kakinya patah hingga terancam mematikan karir bek asal Inggris itu. Insiden tersebut terjadi saat Manchester United melawat ke markas PSV dalam laga perdana babak penyisihan grup B Liga Champions Eropa, tengah pekan kemarin. Saat mencoba memecah kebuntuan, Shaw coba melakukan tusukan ke jantung pertahanan tuan rumah dimenit ke 14.

Tapi naas tekel dari Moreno menghentikan aksi Shaw hingga laga dihentikan sementara, lantaran sang pemain terkapar dan mengerang kesakitan. Shaw mendapat perawatan di lapangan selama 10 menit, termasuk pemberian oksigen dan terlihat menangis ketika ditandu ke ruang ganti pemain. Selanjutnya Shaw menjalani operasi di Belanda dan akan tetap berada di rumah sakit untuk melanjutkan pemulihan.

Lima Korban 'Keganasan' Fase Grup Liga Champions


Direktur United, Ed Woodward lantas langsung mengunjungi Shaw di rumah sakit St Anna Ziekenhuis, menjelang kepulangan tim ke Inggris, Rabu (16/09). Belum diketahui secara pasti berapa lama Shaw yang dibeli dari Southampton itu akan absen, tapi sepertinya sang pemain akan menepi untuk jangka waktu yang sangat lama.

3. Wojciech Szczesny (AS Roma)

Laga AS Roma versus Barcelona kembali memakan korban saat kiper pinjaman kubu I Giallorossi, Wojciech Szczesny mengalami cedera cukup parah yang membuatnya langsung ditarik keluar lapangan. Insiden ini terjadi kurang dari dua menit paruh kedua laga Roma kontra Barca dimulai. Setelah melakukan penyelamatan gemilang untuk menghentikan ancaman dari Messi dan Suarez, kiper Roma itu terlihat memegang tangannya.

Lima Korban 'Keganasan' Fase Grup Liga Champions


Saat berniat menangkap bola, tangan penjaga gawang asal Polandia itu ternyata terinjak kaki Suarez. Kondisi Szczesny terlihat mengkhawatirkan karena saat meninggalkan lapangan, jari pada tangan kirinya harus dibebat perban. Kabar terbaru Szczesny kabarnya harus menepi selama enam pekan untuk memulihkan kondisi tangan kirinya.

4. Sergio Ramos (Real Madrid)

Nasib apes juga dialami bek Real Madrid, Sergio Ramos yang harus membayar mahal aksi divingnya saat menghadapi Shakhtar Donetsk di laga perdana penyisihan grup Liga Champions. Cedera yang menimpa Ramos bermula ketika bek asal Spanyol itu mendapatkan hadangan ketat dari gelandang bertahan Shakhtar, Taras Stepanenko. Dan ketika berusaha mendapatkan penalti dengan cara mengelabui wasit, Ramos akhirnya melompat layaknya telah ditekel keras.

Namun tidak hanya usaha kerasnya yang gagal berbuah hasil karena wasit pertandingan, Ivan Bebek tidak melihat upaya Stepanenko dengan menyenggol Ramos pantas berbuah tendangan penalti. Alih-alih membantu Madrid mencetak gol, gerakan melompat Ramos justru membuatnya bahunya terkilir.

Lima Korban 'Keganasan' Fase Grup Liga Champions


Benitez lantas langsung bergerak cepat dengan menarik keluar Ramos dimenit ke 59 dan memasukkan Nacho Fernandez. Belum diketahui sampai berapa lama Ramos harus absen, tapi diyakini pemulihan sang kapten tidak akan terjadi dalam waktu cepat.

5. Gareth Bale (Real Madrid)

Penggawa Madrid lainnya yang mendapatkan cedera saat menghadapi Shakhtar Donetsk adalah salah satu trio BBC yakni Gareth Bale. Pemain termahal dunia itu harus ditarik keluar lapangan setelah hanya bermain selama 27 menit di Santiago Bernabeu. Belum diketahui apa yang jadi penyebab winger asal Wales itu mendapatkan masalah pada kakinya karena sebelumnya tidak melakukan kontak fisik dengan pemain lawan.

Lima Korban 'Keganasan' Fase Grup Liga Champions


Setelah mendapatkan perawatan, tim medis El Real -julukan Madrid- meminta pemain termahal di dunia itu untuk digantikan. Tak berselang lama Bale akhirnya menuju ruang ganti dan rasa sakit terukir jelas di wajahnya. Kubu Los Blancos sendiri telah memastikan cedera yang menimpa Bale dengan kemungkinan absen selama dua pekan.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7640 seconds (0.1#10.140)