Membongkar Hubungan Pelatih-Pemain Chelsea dan Porto

Selasa, 29 September 2015 - 22:43 WIB
Membongkar Hubungan Pelatih-Pemain Chelsea dan Porto
Membongkar Hubungan Pelatih-Pemain Chelsea dan Porto
A A A
PORTO - Suasana nostalgia menghiasi pertemuan FC Porto kontra Chelsea di laga kedua penyisihan Grup G Liga Champions 2015/2016 di Stadion do Dragao, Portugal, Rabu (30/9) dini hari nanti WIB. Jose Mourinho mungkin menjadi sosok yang paling disorot, mengingat pelatih berjuluk The Special One itu mulai dikenal dunia saat mengantar Porto menjadi jawara di Eropa dan juga Portugal.

(Baca Juga: Prediksi Susunan Pemain FC Porto Lawan Chelsea)

Mourinho mengambil alih kursi kepelatihan Porto pada Januari 2002 dari tangan Octavio Machado. Selama dua setengah tahun di klub itu, dia berhasil membawa pulang enam trofi dan sempat meraih Treble Winners pada tahun 2003. Dia meninggalkan Os Dragoes -julukan Porto- pada 31 Mei 2004 untuk kemudian berlabuh ke Chelsea. Selanjutnya tangan dingin Mou sukses membawa klub-klub besar Eropa seperti Inter, Real Madrid berjaya di kompetisi domestik masing-masing.

Meski bukan untuk pertama kali balik lagi ke kandang Porto dan juga kampung halamannya, juru taktik yang pernah mendapatkan label pelatih terbaik dunia oleh FIFA pada 10 Januari 2011 lalu itu diyakini akan mendapatkan sambutan hangat. Selain sang pelatih, beberapa pemain di kedua kubu juga punya kenangan tersendiri mulai dari pernah satu tim hingga satu warga negara.

Dari sekian banyak momen nostalgia yang ada, setidaknya ada sembilan hubungan yang terjalin antara pelatih, pemain Porto dan Chelsea. Berikut daftar lengkapnya yang diawali oleh Casillas yang pernah menjadi anak asuh Mou sewaktu sama-sama masih di Real Madrid.

- Penjaga gawang Porto, Iker Casillas pernah bermain di bawah asuhan Jose Mourinho sewaktu masih membela Real Madrid. Hubungan keduanya bisa dibilang tidak terlalu harmonis, setelah Iker sempat jadi penghuni tetap bangku cadangan. Bahkan konflik keduanya disinyalir jadi penyebab utama kepergian Mou dari Ibukota Spanyol.

- Radamel Falcao yang kini jadi juru gedor Chelsea dengan status pinjaman dari AS Monaco ternyata pernah bermain untuk Porto pada periode 2009-2011. Bersama jawara Portugal itu, Falcao pernah jadi salah satu bomber berbahaya di Eropa lewat 41 gol dari 51 penampilan

- Diego Costa pernah menjebol gawang Porto sewaktu masih berseragam Atletico Madrid pada penyisihan grup Liga Champions musim 2013-2014.

- Kala masih berada di AS Monaco, Falcao juga pernah menghadapi Gianelli Imbulla sewaktu membela Olympique de Marseille dan ketika Vincent Aboubakar berseragam FC Lorient. Kini setelah keduanya telah berganti seragam Porto, Falcao tetap di kubu berlawanan dengan membela Chelsea.

- Falcao juga punya cukup pengetahuan tentang Iker Casillas mengingat keduanya sering bertemu saat Atletico Madrid kontra Real Madrid.

- Pada musim 2014-2015 lalu di ajang Ligue 1, Aboubakar dan Falcao saling bertukar gol ketika AS Monaco mengalahkan Lorient 2-1.

- Cesc Fabregas punya pengalaman menjebol gawang Casillas sewaktu membela Barceloan di musim 2011-2012. Lalu ada juga Pedro Rodriguez yang pernah merobek gawang Casillas sebanyak empat kali pada musim 2009/10 dan 2010/11 di La Liga, semifinal Liga Champions 2010/11 dan Piala Super Spanyol 2012.

- Dalam laga Porto kontra Chelsea dini hari nanti, jadi pertemuan beberapa penggawa timnas Spanyol di kedua tim seperti Casillas, Cristian Tello di kubu tuan rumah dan César Azpilicueta, Cesc Fàbregas, Pedro Rodríguez, Diego Costa di skuat The Blues.

- Ada juga beberapa pemain yang pernah membela tim yang sama, seperti
Maxi Pereira & Ramires (2009/10) & Matić (2011-14) (Benfica).
Cristian Tello & Fabregas (Barcelona).
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9715 seconds (0.1#10.140)