Terbang ke Liverpool, Jurgen Klopp Siap Bawa Gerbong Dortmund?

Selasa, 06 Oktober 2015 - 21:41 WIB
Terbang ke Liverpool, Jurgen Klopp Siap Bawa Gerbong Dortmund?
Terbang ke Liverpool, Jurgen Klopp Siap Bawa Gerbong Dortmund?
A A A
LIVERPOOL - Keputusan Jurgen Klopp memangkas masa rehat yang tengah dijalaninya demi mengisi plot kosong di kursi kepelatihan Liverpool sepeninggal Brendan Rodgers menyisakan tanda tanya besar. Akankah mantan arsitek Borussia Dortmund ini membawa dua asisten kepercayaan yang selalu membantunya semasa mengabdi pada Der Borussen – julukan Borussia Dortmund?

Zeljko Buvac, dan Peter Krawietz merupakan sosok yang menopang karier Klopp ketika membesut Dortmund. Bahkan, ikatan persahabatan yang terjalin antara Klopp, Buvac, serta Krawietz telah terbangun sejak 14 tahun silam, ketika pelatih berkebangsaan Jerman tesebut menahkodai Mainz.

Menghabiskan tujuh musim di Coface Arena, markas Mainz. Klopp hijrah ke Signal Iduna Park. Kekompakan dengan kedua mitranya tersebut kian terbukti, saat peramu strategi kelahiran Stuttgart, 16 Juni 1967 mengajak Buvac, dan Krawietz untuk turut angkat kaki dari Mainz, guna mengekor jejaknya menangani Der BVB – julukan lain Borussia Dortmund.

Di bawah arahan ketiga juru taktik itu, Dortmund meraup gelar Bundesliga, Piala Jerman, dan Piala Super Jerman. Tidak hanya berjaya di Jerman. Trisula solid yang mengantarkan Mainz mengamankan satu tiket kualifikasi Piala UEFA 2005/2006 tersebut pun sukses mengembalikan taring The Borussian di kancah Eropa. Puncaknya terjadi pada musim 2012/2013, sewaktu Matt Hummels, dan kolega berhasil menembus babak final Liga Champions.

Berdasarkan keterangan yang dilansir Daily Mail, Selasa (6/10/2015), saat aktif berkiprah sebagai aktor lapangan hijau, Zeljko Buvac merupakan gelandang serang yang bermain untuk klub liga utama Yugoslavia, Borac Banja. Sepanjang membela panji Borac Banja, dirinya mampu mempersembahkan satu gelar Piala Yugoslavia edisi 1988.

Tak puas dengan rekor pribadi yang diguratkannya, Buvac melebarkan sayap dengan mencicipi panasnya atmosfer Liga Jerman. Walau hanya berkesempatan mengenakan seragam tim divisi tiga, Rot-Weis Erfurt. Namun, dia tetap menyuguhkan penampilan eksplosif. Raihan 11 gol dalam 98 partai yang dilakoni, menjadi torehan apik pemain yang gantung sepatu di tahun 1991 tersebut. Saat ini, Buvac sedang menjabat sebagai pelatih kepala Republik Srpska.

Sementara itu, Peter Krawietz tidak pernah tercatat sebagai pesepakbola profesional. Tetapi, Krawietz sempat menduduki salah satu jabatan paling krusial di jajaran direksi klub, yakni sebagai kepala pemantau pemain-pemain muda bertalenta emas, hingga Klopp tertarik mempromosikannya sebagai asisten pelatih, setalah dia menginjakkan kaki di Signal Iduna Park.

Kini, seiring kepergian Jurgen Klopp ke Liverpool. Kans Zeljko Buvac, serta Peter Krawietz bereuni dengan Klopp pun terbuka lebar. Apabila, kerjasama antara ketiga figur sentral Dortmund itu terulang kembali. Krawietz berpeluang ditempatkan sebagai penentu kebijakan transfer Liverpool. Sedangkan, urusan teknis di lapangan diambil alih oleh Klopp, serta Buvac.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1603 seconds (0.1#10.140)