Hayatou Gantikan Blatter, Maria Villar Ambil Alih Kursi Platini

Kamis, 08 Oktober 2015 - 19:27 WIB
Hayatou Gantikan Blatter, Maria Villar Ambil Alih Kursi Platini
Hayatou Gantikan Blatter, Maria Villar Ambil Alih Kursi Platini
A A A
ZURICH - Issa Hayatou dan Angel Maria Villar akan mengambil alih pimpinan sementara Badan Sepak Bola Dunia (FIFA) dan Eropa (UEFA) menyusul skorsing yang dijatuhkan kepada Sepp Blatter dan Michel Platini, Kamis (8/10/2015).

Blatter dan Platini dihukum 90 hari larangan beraktivitas di sepak bola oleh Komite Etik FIFA, terkait kasus korupsi. Durasi sanksi yang segera berlaku itu bisa diperpanjang untuk jangka waktu tidak melebihi 45 hari. (Baca juga: Masa Depan Blatter dan Platini Gelap) dan (Resmi, Presiden FIFA dan UEFA Diasingkan dari Dunia Sepak Bola).

Statuta FIFA mengatakan bahwa wakil presiden senior otomatis akan menjadi pengganti presiden organisasi jika berhalangan. Saat ini, posisi tersebut dijabat oleh Hayatou, Presiden Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF).

Sementara Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol Villar diposisikan untuk mengambil alih kursi Platini sebagai Presiden UEFA. Saat ini. Villar menjabat wakil presiden UEFA dengan peringkat tertinggi.

Situasi Villar pun masih kontroversi. Sebab, dia dilaporkan tengah menghadapi investigasi Komite Etik FIFA terkait dengan pengajuan Spanyol bersama Portugal untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018. Komite Etik FIFA tidak dibolehkan mengkonfirmasi atau menyangkal keberadaan penyelidikan apapun.

Sedangkan Hayatou, pada tahun 2011 ditegur oleh Komite Etik International Olympics Committee (IOC) setelah mengaku telah diberi uang oleh bekas agen pemasaran FIFA, International Sport and Leisure, pada tahun 1995. IOC mengatakan tindakan seperti itu merupakan konflik kepentingan. Namun, Hayatou membantah mendapat keuntungan pribadi atau sebuah kesalahan. (Baca juga: Dari Valcke hingga Bin Hammam: Ini Korban Bersih-Bersih FIFA).
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6247 seconds (0.1#10.140)
pixels