10 Pemain Kelas Dunia Korban 'Virus FIFA' di Oktober

Senin, 12 Oktober 2015 - 18:46 WIB
10 Pemain Kelas Dunia Korban Virus FIFA di Oktober
10 Pemain Kelas Dunia Korban 'Virus FIFA' di Oktober
A A A
MADRID - Klub-klub besar Eropa sering dibuat cemas seiring hadirnya jeda Internasional yang memaksa para pemain kunci mereka membela tim nasional negaranya masing-masing. Maklum saja hantu cedera yang kerap menghantui para pemain setelah melakoni laga Internasional sering membuat klub kelimpungan. Tidak jarang para pemain ini mendapatkan cedera cukup parah hingga membuatnya absen panjang.

Kondisi pemain yang mengalami cedera usai jeda internasional sering disebut sebagai virus FIFA. Seperti sebuah tradisi yang terus berulang, musim 2015-2016 ini beberapa pemain kelas dunia kembali pulang dengan balutan cedera usai melakoni laga internasional di bawah naungan FIFA atau sering disebut dengan "Virus FIFA". Bahkan pada akhir pekan ini, jumlah cedera yang menimpa para pemain terbaik di dunia cukup meningkat.

Laga kualifikasi Piala Eropa 2016 maupun Piala Dunia Zona Amerika Latin atau hanya sekedar laga persahabatan seakan menjadi momok menakutkan buat para klub. Terutama di Eropa, karena pemain mereka beresiko pulang dengan keadaan kelelahan atau yang paling parah, pulang dengan membawa cedera. Tidak jarang para pelatih dibuat pusing karena harus melakukan rotasi karena pemain utama mereka terkena dampak virus FIFA.

(Baca juga seputar top10 seputar sepak bola di sini)

Sedikitnya puluhan pemain membawa pulang 'oleh-oleh' cedera ke klubnya, baik cedera parah ataupun ringan setelah jeda internasional. Dari sekian banyak pemain yang tumbang setelah menjalani laga bersama tim nasional masing-masing, Sindonews coba merangkumnya jadi 10 pemain kelas dunia korban virus FIFA di Oktober:

1. Karim Benzema (Prancis-Real Madrid, Cedera Hamstring)

Penyerang Real Madrid, Karim Benzema dipastikan alami cedera hamstring pasca membela timnas Prancis. Tim medis Los Blancos -julukan Madrid- telah merilis secara resmi pemain 27 tahun itu dipastikan mengalami masalah hamstring. Cedera otot itu menyerang bisep femoralis kaki kirinya saat Prancis meraih kemenangan meyakinkan atas Armenia di laga uji coba.

10 Pemain Kelas Dunia Korban 'Virus FIFA' di Oktober


Sayangnya tim medis Los Galaticos belum bisa memberikan kepastian berapa lama waktu pemulihan cedera tersebut. Media di Spanyol sendiri menduga Benzema bakal absen setidaknya tiga bulan.

2. Paul Pogba (Prancis-Juventus, Cedera Engkel)

Paul Pogba harus meninggalkan timnas Prancis yang dijadwalkan beruji coba dengan Armenia dan Denmark pada 9 dan 12 Oktober 2015. Pasalnya gelandang muda Juventus itu mengalami cedera yang cukup serius pada engkelnya saat menjalani sesi latihan. Ia pun didiagnosis tak bisa mentas membela Tim Ayam Jantan. Pogba kini dikirim pulang ke Italia, Turin, bersama klubnya Juventus, guna menjalani diagnosis cedera lebih lanjut.

10 Pemain Kelas Dunia Korban 'Virus FIFA' di Oktober


3. Luka Modric (Kroasia-Real Madrid, Cedera Paha)

Kabar buruk menerpa Real Madrid, seiring cederanya sang gelandang andalan, Luka Modric, kala membela Kroasia dalam duel kontra Bulgaria, Senin (11/10) dini hari WIB. Modric diyakini menderita cedera paha pada otot aductor hingga membuatnya tersingkir dari skuat Kroasia saat kontra Malta, pada bentrok pamungkas kualifikasi Piala Eropa 2016.

10 Pemain Kelas Dunia Korban 'Virus FIFA' di Oktober


4. Mario Gotze (Jerman-Bayern Muenchen, Cedera Pangkal Paha)

Gotze terpaksa ditarik keluar lapangan pada menit ke-35 dan digantikan Andre Schurrle ketika Timnas Jerman menyerah dengan skor tipis 0-1 dari tuan rumah Republik Irlandia dalam matchday kesembilan babak kualifikasi Piala Eropa 2016. Setelah menjalani pemeriksaan medis oleh klubnya Bayern Muenchen, pemain berusia 23 tahun itu diyakini akan absen panjang hingga Januari tahun depan setelah menderita robek otot pada pangkal pahanya.

10 Pemain Kelas Dunia Korban 'Virus FIFA' di Oktober


5. Nemanja Matic (Serbia-Chelsea, Cedera Otot)

Gelandang Chelsea, Nemanja Matic mengalami cedera saat membela Serbia menghadapi Albania dalam laga kualifikasi Piala Eropa 2016 yang berakhir dengan kemenangan 2-0. Pada menit ke 75, Matic ditarik keluar lapangan karena mengalami cedera. Namun beberapa saat kemudianb Matic masih berusaha untuk terus bermain, kemungkinan besar cedera yang dialaminya tidak terlalu parah.

10 Pemain Kelas Dunia Korban 'Virus FIFA' di Oktober


6. David Silva (Spanyol-Manchester City, Cedera Engkel)

David Silva mengalami cedera dalam laga antara Spanyol melawan Luksemburg dalam laga lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2016 pada Sabtu dini hari WIB. Gelandang La Furia Roja -julukan Spanyol- tersebut harus diganti pada menit ke-11 dalam pertandingan yang berkesudahan 4-0 untuk kemenangan Spanyol itu.

10 Pemain Kelas Dunia Korban 'Virus FIFA' di Oktober


Gelandang Citizen itu mengalami cedera pada engkelnya setelah mendapat tekel kasar dari belakang. Setelahnya, David Silva terlihat mengerang kesakitan dan mendapatkan perawatan di lapangan sebelum akhirnya ditarik keluar. Tim medis Spanyol belum bisa memastikan situasi terkini atas cedera engkel yang dialami sang pemain, namun diyakini Silva harus menepi selama empat pekan.

7. Alvaro Morata (Spanyol-Juventus, Cedera Betis)

Penyerang muda Juventus, Alvaro Morata mengalami cedera saat membela Spanyol dalam pertandingan melawan Luksemburg. Morata mengalami cedera saat pertandingan berjalan sekitar setengah jam. Penyerang muda La Furia Roja itu harus ditarik keluar dan digantikan oleh Paco Alcacer.

10 Pemain Kelas Dunia Korban 'Virus FIFA' di Oktober


Dalam pemeriksaan awal oleh tim medis Spanyol, Morata diketahui menderita retak tulang fibula kaki kanannya. Morata pun segera dilarikan ke rumah sakit di La Rioja untuk menjalani tes radiologi yang lebih komplet. Kemungkinan besar Morata harus absen selama empat pekan, tapi kabar terbaru sang pemain mengaku siap bermain awal pekan mendatang.

8. Sergio Aguero (Argentina-Manchester City, Cedera Hamstring)

Aguero mengalami cedera hamstring pada kaki kirinya saat membela timnas Argentina melawan Ekuador di kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONMEBOL, akhir pekan kemarin. Penyerang Manchester City itu diyakini harus absen selama kurang lebih empat pekan untuk memulihkan kondisinya. Pelatih Argentina, Gerardo Martino mengklaim cedera yang dialami Aguero tak berkaitan dengan cedera yang dialami sebelumnya bersama The Citizens -julukan City-.

10 Pemain Kelas Dunia Korban 'Virus FIFA' di Oktober


9. Branislav Ivanovic (Serbia-Chelsea, Cedera Hamstring)

Chelsea harus kembali kehilangan satu pemain andalan mereka, ketika Branislav Ivanovic menderita cedera saat membela Serbia di kualifikasi Piala Eropa 2016 kontra Albania. Ivanovic mengalami cedera hamstring di menit 65 hingga membuatnya ditarik keluar lapangan. Rencananya Ivanovic akan menjalani pemeriksaan medis untuk mengetahui berapa lama sang pemain harus menepi.

10 Pemain Kelas Dunia Korban 'Virus FIFA' di Oktober


10. Bastian Schweinsteiger (Jerman-Manchester United, Cedera Paha)

Kabar buruk menyapa Manchester United saat salah satu gelandang mereka, Bastian Schweinsteiger mengalami cedera paha saat menjalani latihan bersama Tim Nasional Jerman. Pemain berusia 31 tahun yang didatangkan dari Bayern Munchen itu mengalami cedera dalam sesi latihan terakhir sebelum laga kontra Georgia yang akhirnya mampu dimenangkan Jerman dengan skor 2-1 untuk memastikan langkah mereka lolos ke putaran final Piala Eropa 2016.

10 Pemain Kelas Dunia Korban 'Virus FIFA' di Oktober


Selain sepuluh nama di atas ada juga beberapa pemain lain yang juga terkena virus FIFA seperti Wayne Rooney, Tim Krul, Michael Carrick, Aleksandar Kolarov, David Luiz, Andrew Ayew hingga Shay Given.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8490 seconds (0.1#10.140)