Pemecatan Mourinho Paksa Chelsea Pecahkan Rekor Pesangon

Rabu, 28 Oktober 2015 - 18:04 WIB
Pemecatan Mourinho Paksa Chelsea Pecahkan Rekor Pesangon
Pemecatan Mourinho Paksa Chelsea Pecahkan Rekor Pesangon
A A A
LONDON - Isu pemecatan Jose Mourinho dari kursi pelatih Chelsea semakin mencuat setelah anak asuhnya tersingkir dari ajang Capital One Cup (Piala Liga) sesudah dikalahkan Stoke City lewat drama adu penalti. Bermain imbang 1-1 dalam 90 menit waktu normal hingga babak tambahan, membuat laga ditentukan lewat adu penalti dimana skuat asuhan Mou takluk dengan skor 5-4.

Sejak pertama kali memutuskan pergi dari Stamford Bridge -kandang Chelsea- pada 20 September 2007 lalu, pelatih asal Portugal itu kini kembali menghadapi ujian terberat sepanjang karirnya di London. Tiga pertandingan diberikan sang pemilik klub, Roman Abramovich sebagai kesempatan untuk mengamankan posisi Mou setelah timnya dikalahkan 3-1 oleh Southampton.

(Baca Juga: Mourinho Menuju PSG jika Dipecat Chelsea)

Upaya membawa Eden Hazard dan kawan-kawan untuk bangkit ternyata tidak berjalan sesuai rencana, saat The Blues kembali dipaksa menelan kekalahan oleh Aston Villa dengan skor 2-0. Hasil imbang tanpa gol kontra Dynamo Kiev ditambah takluk 2-1 atas West Ham United semakin membuat nasib Mou berada di ujung tanduk. Spekulasi yang beredar di Inggris, Mou kembali mendapatkan kesempatan dalam dua laga kedepan yang salah satunya berakhir dengan kekalahan.

Peluang terakhir Mou mengamankan tempatnya di London adalah dengan mengunci kemenangan lawan Liverpool. Namun usaha The Special One sepertinya akan sulit, mengingat Mou tengah dihantui sanksi FA lantaran protes kerasnya kepada wasit. Kemungkinan besar dalam laga melawan The Reds -julukan Liverpool-, Mou tidak akan diizinkan untuk mendampingi anak asuhnya.

Taruhan yang berkembang menyatakan Mou akan dipecat dan digantikan oleh Steve McLaren. Hambatan utama pemecatan Mou adalah pesangon besar yang harus dibayarkan Chelsea untuk menyingkirkan mantan pelatih Real Madrid tersebut. Kubu Chelsea harus membayar sekira 50 juta euro jika memilih memecat Mou yang sekaligus memecahkan rekor pesangon terbesar yang pernah dibayarkan klub.

Kontrak pelatih asal Portugal itu yang masih tersisa tiga tahun setelah musim ini, bernilai lebih dari 10 juta pounds per tahun. Nilai kontraknya jauh lebih besar dari pelatih-pelatih Chelsea sebelumnya. Kubu London pernah harus membayar 12,6 juta pounds saat memecat Luiz Felipe Scolari. Pemecatan Andre Villas-Boas bernilai 12 juta pounds tapi tidak dibayarkan penuh, karena dia kemudian menangani Tottenham Hotspur. Biaya paling rendah yang dibayarkan Chelsea adalah saat memberhentikan Carlo Ancelotti, sebesar 6 juta pounds karena kontraknya hanya tersisa satu tahun.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6194 seconds (0.1#10.140)