Trevor Francis Pendobrak Transfer Spektakuler di Sepak Bola

Minggu, 01 November 2015 - 07:01 WIB
Trevor Francis Pendobrak Transfer Spektakuler di Sepak Bola
Trevor Francis Pendobrak Transfer Spektakuler di Sepak Bola
A A A
LONDON - Tahukah Anda bahwa sebelum Gareth Bale menjadi pemain termahal dunia, ataupun ketika Manchester City harus merogoh dana besar untuk mengamankan jasa Raheem Sterling dan Kevin De Bruyne. Bursa transfer di dunia sepak bola tidak penuh drama dan intrik seperti sekarang ini. Perpindahan pemain antar klub sendiri sudah dikenal sejak 1983 dan dilakukan dengan cukup mudah.

Hanya berdasarkan kesepakatan antara klub dan pemain, maka kepindahan sang penggawa dapat terjadi. Setelah John Charles dilepas Leeds di tahun 1957, dengan menjualnya ke Juventus dengan harga 65.000 poundsterling. Maka Trevor Francis adalah pemain pertama yang nilai transfernya mencapai 1 juta poundsterling, saat pindah dari Birmingham City ke Nottingham Forest tahun 1979.

Pemain kelahiran 19 April 1954 di Plymouth, Inggris itu pernah mengantar Nottingham Forest menjadi juara Piala Eropa dan membela timnas Inggris sebanyak 52 kali. Di tahun 1980-an, nila transfer terus meroket, sehingga Professional Footballers Association (PFA) merasa perlu membuat aturan baru untuk membatasi nilai transfer pemain.

Inilah yang menjadi pelopor Financial Fair Play pada masa kini. Hanya saja, laju nilai transfer tidak terbentung dan seakin memebesar karena melibatkan banyak pihak. Trevor Francis juga pernah jadi pelatih bersama dengan Sheffield Wednesday dan Birmingham City.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9967 seconds (0.1#10.140)