Inggris Senang Terhindar dari Trio Elite Eropa

Sabtu, 12 Desember 2015 - 17:54 WIB
Inggris Senang Terhindar dari Trio Elite Eropa
Inggris Senang Terhindar dari Trio Elite Eropa
A A A
LONDON - Performa impresif saat tampil di kualifikasi memberi keuntungan bagi timnas Inggris. The Three Lions masuk tim unggulan pada undian Piala Eropa 2016, sehingga terhindar dari trio elite Eropa seperti juara bertahan Spanyol, Juara Dunia 2014 Jerman, serta tuan rumah Prancis di fase grup.

Inggris masuk dalam Pot 1 dalam undian yang digelar di Palais des Congres de la Porte Maillot, Paris, Prancis, Sabtu (12/12/2015) atau Minggu (13/12/2015) mulai pukul 00.00 WIB. Pot 1 berisi Spanyol, Jerman, Inggris, Portugal, dan Belgia. Sedangkan Prancis otomatis di Grup A. Dengan demikian pasukan Roy Hodgson tak akan bersua dengan tiga tim elite tersebut. (Baca juga: Jadwal Siaran Langsung RCTI: Undian Putaran Final Piala Eropa 2016, Sabtu (12/12/2015).

Hodgson optimistis Inggris saat ini akan sulit dikalahkan. Rekor kemenangan 100% di fase kualifikasi Piala Eropa 2016 membuat The Three Lions semakin percaya diri.

"Keindahan adalah bahwa performa bagus yang terus berlanjut menempatkan kami di antara unggulan teratas," kata Hodgson. "Hanya ada lima tempat di kelompok unggulan, jadi bagus mendapatkan salah satu dari lima tiket itu. Untuk berada di kelompok unggulan dan terhindar dari lima tim yang sangat kuat lainnya jelas merupakan keuntungan yang sangat besar."

Inggris berpotensi bentrok dengan negara tetangga Wales, Irlandia Utara, dan Republik Irlandia yang terjebak di Pot 4. Jika terjadi, maka prospek bertemunya dua negara tetangga di putaran final turnamen besar untuk pertama kali terjadi sejak Piala Eropa 1996, saat Inggris dan Skotlandia berada di grup yang sama.

Hodgson, yang kontraknya habis pada akhir turnamen dan ingin melanjutkan hingga ke Piala Dunia 2018 di Rusia, yakin timnya akan lolos dari fase grup. Dia menunjuk fakta bahwa dalam 10 pertandingan kualifikasi, Inggris hanya kebobolan tiga gol dan mengemas 31 gol. Dalam dua laga persahabatan terakhir, Inggris dikalahkan Spanyol 0-2 dan menang atas Prancis di Wembley 2-0.

"Kami punya sejumlah pemain depan berkualitas, yang semuanya bisa memenangkan pertandingan untuk kami. Kami punya alasan untuk optimis," imbuh Hodgson. "Tapi, Piala Eropa adalah salah satu yang sulit untuk dimenangkan, ada banyak tim di luar sana yang di atas kertas terlihat baik."
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6548 seconds (0.1#10.140)