Zidane, Prancis Pertama Tukangi Madrid

Selasa, 05 Januari 2016 - 16:01 WIB
Zidane, Prancis Pertama...
Zidane, Prancis Pertama Tukangi Madrid
A A A
MADRID - Zinedine Zidane resmi menggantikan Rafael Benitez sebagai pelatih Real Madrid, Selasa (5/1/2105). Mantan bintang Real Madrid itu menjadi pelatih asing ke-25 yang pernah direkrut Los Blancos dan merupakan pelatih asal Prancis pertama yang menangani Madrid.

Meski negeri Spanyol dan Prancis berbatasan langsung, anehnya dari 24 manajer asing yang pernah direkrut Real Madrid, belum sekalipun menggunakan tenaga pelatih asal Prancis, meskipun di Prancis ada sejumlah pelatih andal. Untuk urusan pelatih asing, Madrid lebih banyak menggunakan pelatih asal Argentina dan Inggris.

Sedikitnya ada tiga pelatih asal Argentina dan Inggris yang sempat menangani Madrid, yakni Luis Carniglia, Alfredo Di Stefano, dan Jorge Valdano, ketiganya dari Argentina, sedangkan dari Inggris Arthur Johnson, Robert Firth dan Michael Keeping.

Sementara dari lokal, Madrid sudah pernah mempekerjakan 22 pelatih kelahiran Spanyol, mulai Juan de Carcer yang pertama kali menangani Madrid tahun 1920 hingga Rafael Benitez (2016). Selain itu ada Santiago Bernabeu Yeste, Garcia Remon, Camacho, Del Bosque, Luis Molowny, Amancio Amaro, Miguel Munoz dan lainnya. (Baca juga: Hot News: Real Madrid Resmi Pecat Benitez).

Pelatih Madrid paling sukses dalam ukuran jumlah trofi adalah Miguel Munoz, yang memenangi sembilan La Liga, dua Copa del Rey, dua Liga Champions, dan satu Piala Intercontinental dalam 15 tahun sebagai pelatih. Sedangkan untuk pelatih asing, Leo Beenhakker yang meraih trofi La Liga (3), Copa del Rey (1), Supercopa de Espana (2), dan Carlo Ancelotti yang meraih Copa del Rey (1), Liga Champions (1), Piala Super Eropa (1), dan Piala Dunia Antarklub (1).

"Ini hari penting bagi saya, hari yang emosional, bahkan lebih emosional dari hari ketika saya menandatangani sebagai pemain Madrid," kata Zidane. "Saya akan bekerja keras dengan semua pemain dan sepenuh hati melakoni pekerjaan ini. Terima kasih banyak," ujar pria kelahiran Marseille, Prancis, 23 Juni 1972, itu.

Pelatih Asing di Real Madrid


Argentina: Luis Antonio, Alfredo Di Stefano, dan Jorge Valdano
Inggris: Arthur Johnson, Robert Firth, dan Michael Keeping
Jerman: Juup Heynckes dan Bernd Schuster
Belanda: Leo Beenhakker dan Guus Hiddink
Serbia: Vujadin Boskov dan Radomir Antic
Uruguay: Enrique Fernandez dan Hector Scarone
Portugal: Carlos Queiroz dan Jose Mourinho
Italia: Fabio Capello dan Carlo Ancelotti
Brasil: Wanderlei Luxemburgo
Cile: Manuel Pellegrini
Hungaria: Lippo Hertzka
Macedonia: Miljan Miljanic
Wales: John Toshack
Paraguay: Sebastian Fleitas
Prancis: Zinedine Zidane
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1104 seconds (0.1#10.140)