Reli Dakar 2016, Telan Dua Korban Jiwa

Rabu, 13 Januari 2016 - 00:09 WIB
Reli Dakar 2016, Telan Dua Korban Jiwa
Reli Dakar 2016, Telan Dua Korban Jiwa
A A A
CELMAN - Satu orang tewas dan sedikitnya enam orang lainnya luka-luka dalam kecelakaan yang melibatkan dua truk dan empat mobil, termasuk dua kendaraan Reli Dakar di pinggiran kota Cordoba, Selasa (12/1/2016) pagi waktu setempat. Secara keseluruhan sudah ada dua korban jiwa pada edisi ke-38 ini. Akhir pekan kemarin, kakek berusia 63 tahun dilaporkan tewas usai tertabrak mobil yang dikendarai Lionel Baud.

Peristiwa tragis pertama terjadi di Buenos Aires, Argentina, Sabtu (9/1/2016). Dalam laga pemanasan (prologue stage), X-Raid Mini yang dikemudikan pereli debutan China, Guo Meiling, kehilangan kendali setelah melompat. Mobilnya lantas keluar jalur dan menabrak sekelompok penonton. 11 orang dilaporkan terluka.

Panitia Reli Dakar kembali disibukkan dengan kejadian yang terjadi di etape ketujuh dari Bolivia menuju Argentina. Kendaraan Mitsubishi yang dikemudikan Lionel Baud menewaskan kakek berusia 63 tahun. Panitia melaporkan kejadian di kilometer 82, pereli asal Perancis yang kehilangan kendali menabrak kerumunan penonton dan salah satu dari mereka dikabarkan meninggal seketika saat mobil Baud menabrak dirinya.

Pasca kejadian tragis itu, Baud mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ia memutuskan untuk menarik diri dari gelaran Reli Dakar 2016. "Sejalan dengan nilai yang saya pegang, maka saya memutuskan untuk menghentikan balapan. Hal ini dilakukan lantaran aspek olahraga dari peristiwa tragis ini," ujarnya seperti dikutip Mundodeportivo, Rabu (13/1/2016).

Nasib naas kembali menghampiri Baud. Truk yang membawa mobilnya menuju Eropa terlibat kecelakaan beruntun di pinggiran kota Cordoba. Satu orang dilaporkan tewas akibat insiden ini. "Kendaraan besar yang membawa berbagai produk seperti sepatu dan deterjen kehilangan kendali bertabrakan dengan truk lain yang berada di jalur yang berlawanan. Satu truk terguling dan menimpa Peugeot 505, Ford Falcon, Ford Fiesta Kinetic dan Toyota Corolla. Salah satu sopir dari empat kendaraan tersebut meninggal, sementara untuk korban luka dibawa ke rumah sakit di Cordoba," demikian pernyataan resmi pihak kepolisian.

Itu adalah kematian ke-64 dalam sejarah pelaksanaan Reli Dakar yang digelar setiap tahun sejak 1979.

(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9486 seconds (0.1#10.140)