Maria Kristin Yakin Tim Uber Indonesia Bakal Berprestasi

Minggu, 21 Februari 2016 - 01:57 WIB
Maria Kristin Yakin Tim Uber Indonesia Bakal Berprestasi
Maria Kristin Yakin Tim Uber Indonesia Bakal Berprestasi
A A A
BOGOR - Indonesia masih kesulitan bersaing di pentas Piala Uber. Pada kualifikasi tahun ini, Indonesia gagal ke semifinal usai menyerah 0-3 dari China.

Meski demikian, hasil tersebut tidak ditanggapi pesimistis oleh Maria Kristin. Mantan andalan Indonesia di nomor tunggal purtri tersebut yakin, pebulutangkis wanita Indonesia bisa bersinar di masa yang akan datang. (Baca juga: Dikalahkan China, Indonesia Masih Harapkan Keajaiban)

"Soal kekalahan (Tim Piala Uber) kemarin, saya kira wajar sebab lawannya tim kuat seperti China. Kita juga menurunkan beberapa pemain muda yang belum kenyang pengalaman," ucapnya di sela-sela kegiatan coaching clinic Djarum Foundation, Sabtu (20/2/2016).

"Kita memang kalah saat ini. Tapi kita sudah memiliki beberapa atlet hebat seperti Maria Febe dan Lindaweni. Mungkin sekarang mereka kalah, tapi ini jadi kesempatan untuk memetik pengalaman. Itu bisa jadi modal bagus untuk hadapi persaingan di tahun-tahun berikutnya," tutur Maria.

Soal kemampuan di lapangan, ia yakin atlet yang ada di Pelatnas PBSI saat ini sudah memiliki bekal yang cukup. Tinggal bagaimana memaksimalkannya serta mengasah mental dan keyakinan, sebab itulah yang diperlukan ketika bertanding.

"Untuk mengasah mental ya sering-sering bermain saja. Jika sudah seperti itu, nanti mental kia juga akan terbentuk dengan sendirinya. Kalau kemampuan, mereka sudah lebih baik dibanding sebelumnya. Tinggal perbanyak pengalaman saja," ucapnya.

Pretasi tim putri Indonesia memang kurang mengesankan. Sejak era Sarwendah, Susi Susanti dan Mia Audina, Indonesia memang sangat sulit mengejar catatan terbaik di nomor tunggal putri maupun ganda putri.

Namun pandangan tersebut perlahan menghilang. Meski perkembangannya lambat, pada nomor tunggal Indonesia sudah punya unggulan yakni Maria Febe Kusumastuti dan Lindaweni Fanetri. Sedangkan di nomor ganda putri, tim Merah Putih memiliki Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari.
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6904 seconds (0.1#10.140)