Grup C: Profil Timnas Irlandia Utara

Selasa, 01 Maret 2016 - 15:47 WIB
Grup C: Profil Timnas Irlandia Utara
Grup C: Profil Timnas Irlandia Utara
A A A
JAKARTA - Profil Timnas Irlandia Utara

Timnas: Irlandia Utara
Julukan: Green and White Army, Norn Iron
Asosiasi: Irish Football Association (IFA)
Pelatih: Michael O'Neill
Kapten tim: Steven Davis
Penampilan terbanyak: Pat Jennings (119)
Top skor: David Healy (36)
Stadion: Windsor Park Stadium
Kode FIFA: NIR
Peringkat dunia saat ini:
- Tertinggi: 29 (4 Februari 2016)
- Terendah: 129 (September 2012)

Jejak di Piala Eropa
Sejarah baru dibuat tim sepak bola Irlandia Utara. Untuk kali pertama, mereka sukses merebut satu tempat di babak penyisihan grup Piala Eropa. Tim yang diarsiteki Michael O'Neill tersebut lolos usai memuncaki klasemen grup F babak kualifikasi. Setelah melewati 10 pertandingan, Irlandia Utara berhasil mengumpulkan 21 poin.

Dalam persaingan di fase kualifikasi, Irlandia Utara memang tidak bertemu dengan tim raksasa Eropa. Yunani yang ada di grup tersebut justru tampil buruk dan mereka terpendam di dasar klasemen. Saingan berat Irlandia Utara hanyalah Rumania yang akhirnya finis di posisi dua klasemen.

Meski tidak diunggulkan, Irlandia Utara tetap menarik untuk dinantikan. Sebab mereka berstatus tim kuda hitam dan siap memberikan kejutan untuk Jerman, Ukraina serta Polandia yang bakal dihadapi pada babak penyisihan grup C.

Sosok Pemain Kunci: Jonny Evans
Negara yang masuk ke dalam wilayah kerajaan Inggris Raya ini punya pemain hebat sekelas Jonny Evans. Meski baru saja terbuang dari skuat Manchester United, Evans tetap layak dijadikan sosok kunci di timnas Irlandia Utara.

Evans bukanlah kapten tim. Sebab jabatan itu sudah dipegang oleh gelandang Southampton, Steven Davis. Meski demikian, Evans sangat berpengaruh pada permainan tim. Pengalamannya mengawal lini pertahanan MU menjadikan pemain 28 tahun ini sebagai andalan Irlandia Utara di setiap pertandingan.

Profil Pelatih: Michael O'Neill
Pelatih berusia 46 tahun ini memang belum memiliki nama besar di pentas sepak bola Eropa. Namun sosoknya sangat terkenal di negaranya. Dari 1984-1999, O'Neill merupakan gelandang andalan timnas Irlandia Utara. Semasa jadi pemain, ia mencatatkan 31 penampilan dan empat gol untuk negaranya.

Setelah gantung sepatu pada 2004 lalu, O'Neill langsung beralih profesi sebagai pelatih sepak bola. Di awal kariernya, ia menangani tim Brechin City. Pada 2009, O'Neill lantas dipercaya melatih tim besar Irlandia, Shamrock Rovers.

Di bawah asuhannya, Shamrock juara liga Irlandia musim 2009/2010 dan 2010/2011. Berkat kesuksesannya itulah, O'Neill dipercaya menangani Timnas Irlandia Utara dan strategi racikannya akan dilihat publik di Piala Eropa tahun ini.

Peluang di Piala Eropa 2016
Irlandia Utara bukanlah tim unggulan. Apalagi mereka harus bersaing dengan Jerman, Ukraina dan juga Polandia.

Namun publik tentu penasaran dengan tim debutan ini. Karenanya Irlandia Utara tetap optimistis meski peluang mereka lolos dari grup C terbilang cukup kecil.
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7824 seconds (0.1#10.140)