Grup B: Profil Timnas Inggris

Kamis, 31 Maret 2016 - 23:15 WIB
Grup B: Profil Timnas Inggris
Grup B: Profil Timnas Inggris
A A A
JAKARTA - Profil Timnas Inggris
Timnas: Inggris
Julukan: The Three Lions, St. George Cross
Asosiasi: Football Association (FA)
Pelatih: Roy Hodgson
Kapten: Wayne Rooney
Top skor: Wayne Rooney (51 gol)
Stadion: Wembley
Kode FIFA: ENG
Peringkat dunia:
Tertinggi: 1 (1987-1988)
Terendah: 16 (Juni 2014)
Saat ini: 9 (Maret 2016)

Jejak di Piala Eropa
Inggris adalah salah satu kekuatan utama sepak bola Eropa. Negara Kerajaan ini tercatat pernah jadi juara Piala Dunia 1966 dan sukses menelurkan banyak legenda sepak bola dunia semisal George Best, Sir Bobby Charlton, dan Peter Shilton.

Meski berstatus juara Piala Dunia, Inggris nyatanya tak pernah sekalipun sukses di gelaran Piala Eropa. Dari delapan kali kesempatan lolos ke putaran final, prestasi terbaik mereka cuma jadi semifinalis yakni pada edisi 1996.

Di Piala Eropa 2016, sudah sepatutnya Inggris mewujudkan mimpinya mengangkat trofi Henri Delaunay. Pasalnya, mereka jadi satu-satunya tim yang mampu menyapu bersih kemenangan dari 10 laga di babak kualifikasi.

Pemain Bintang

Inggris bisa dibilang punya pemain dengan kualitas merata di tiap lini. Dari mulai penjaga gawang hingga striker, rata-rata pemain mereka berstatus bintang top Eropa di klub ternama.

Kiper Joe Hart saat ini jadi palang pintu utama manchester City dan jadi salah satu benteng tangguh Inggris di babak kualifikasi. Gawang Inggris punya koeifisien kebobolan cuma 0,3 persen bersama Joe Hart plus barisan bek mumpuni seperti Gary Cahill, John Stones, dan Chris Smalling.

Sedangkan di lini tengah, kolaborasi pemain muda dan senior bisa dengan solid menyatu. James Milner dan Jordan Henderson sukses jadi jendral di lapangan tengah. Sedangkan pemain belia seperti Delle Ali dan Eric Dier bisa menjawab tantangan bersaing memperebutkan skuat utama The Three Lions.

Di lini depan selain ada Rooney yang jadi top skor sepanjang masa, ada nama baru yang patut diperhitungkan di Piala Eropa nanti. Harry Kane dan Jamie Vardy adalah dua striker yang berjaya di Inggris.

Keduanya berhasil membawa klub masing-masing mengungguli tim besar di liga utama. Sedangkan di level timnas, keduanya sudah terbukti mematikan di mana Kane dan Vardy membawa Inggris mampu menundukkan Jerman di laga persahabatan beberapa waktu lalu.

Profil Pelatih:
Pelatih berusia 68 tahun ini bukanlah sosok manajer dengan rentetan gelar bergengsi. Meski sudah berkelana ke sejumlah negara, tak membuat Hodgson bisa sejajar dengan Pep Guardiola atau Jose Mourinho yang jelas lebih populer.

Hodgson yang menangani Inggris sejak 2012, juga sempat gagal di Piala Eropa Ukraina-Polandia. Inggris hanya mampu dibawa sampai babak perempat final setelah dikalahkan Italia di babak adu penalti.

Sama halnya di Piala Dunia, 2014 lalu Rooney dkk cuma bertahan di fase grup. Setelah kalah lagi dari Italia di laga pembuka grup, tim asuhannya keok lagi dari Uruguay dan membuat angkat koper lebih dini.

Peluang di Piala Eropa 2016
Inggris cukup konsisten di babak kualifikasi di mana mereka tak terkalahkan dari 10 pertandingan. Catatan tersebut bahkan tak bisa ditandingi tim raksasa lain seperti Spanyol dan Jerman.

Rentetan hasil kelam di masa lalu plus pengalaman melatih Hodgson bisa jadi senjata utama Inggris di Prancis nanti. Terlebih dengan skuat yang lengkap plus berkekuatan merata, setidaknya Inggris bisa lolos hingga babak knock out.
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6949 seconds (0.1#10.140)