Grup B: Profil Timnas Wales

Kamis, 31 Maret 2016 - 23:19 WIB
Grup B: Profil Timnas Wales
Grup B: Profil Timnas Wales
A A A
JAKARTA - Profil Timnas Wales
Timnas: Wales
Julukan: The Dragons
Asosiasi: Football Association of Wales (FAW)
Pelatih: Chris Coleman
Kapten: Ashley Williams
Top skor: Ian Rush (28 gol)
Stadion: Cardiff City Stadium
Kode FIFA: WAL
Peringkat dunia:
Tertinggi: 8 (Oktober 2015)
Terendah: 117 (Agustus 2011)
Saat ini: 17 (Maret 2016)

Jejak di Piala Eropa
Sejarah mereka torehkan tahun ini. Keikutsertaan mereka di Piala Eropa 2016 menandai debut Wales di pesta sepak bola tertinggi benua biru.

Wales memang pernah mengecap rasanya bertarung di Piala Dunia 1958, namun di Piala Eropa mereka belum pernah merasakannya. Dan edisi 2016 jadi pertama kalinya mereka punya pengalaman bersaing dengan Jerman, Spanyol, dan Italia di sebuah kompetisi.

Pemain Bintang
Wales dihuni banyak pemain bintang yang sebagian besar berkiprah di Liga Inggris. Namun dari sekumpulan pemain hebat di skuat The Dragons, nama Gareth Bale jadi bintang utama.

Kepastian Wales melenggang ke Piala Eropa 2016 tak lepas dari jasa pemain berusia 27 tahun itu.

Bale mencetak tujuh gol dari sepuluh laga di babak kualifikasi. Ia mengantar Wales jadi runner up Grup B di bawah Belgia.

Profil Pelatih
Nama Chris Coleman sudah tak asing lagi di dunia sepak bola. Pelatih berusia 45 tahun itu sempat berkarier sebagai pemain sejak 1986 hingga 2002.

Meski pengalaman melatihnya masih terbilang kurang kinclong bersama tim sekelas Fulham, Real Sociedad, Coventry City dan klub Yunani Larissa, Coleman bisa mengubah kumpulan bintang Wales jadi tim yang disegani.

Di percaturannya sebagai manajer Wales, Coleman bukannya tak pernah gagal. Pada 2014, ia gagal membawa Bale dkk melenggang ke putaran final Piala Dunia Brazil.

Peluang di Piala Eropa 2016
Wales diprediksi bisa memulai debutnya dengan apik. Meski deretan pemain bintangnya membuat mereka tak lagi disebut undedog, Wales sadar ini partisipasinya di Piala Eropa.

Wales diprediksi juga bakal bermain lepas di fase Grup B bersama Inggris, Rusia, dan Slovakia. Kendati demikian, peluangnya lolos ke babak knock out jelas terbuka lebar.
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6975 seconds (0.1#10.140)