Antonio Conte dan Mourinho Punya Kemiripan

Selasa, 05 April 2016 - 01:02 WIB
Antonio Conte dan Mourinho...
Antonio Conte dan Mourinho Punya Kemiripan
A A A
LONDON - Antonio Conte dalam banyak hal tidak jauh berbeda dengan Jose Mourinho. Mulai dari racikan strategi, kemampuan untuk memompa semangat tim hingga gaya permainan bertahan. Kali ini SINDOnews mencoba untuk mengulas bagaimana kesamaan kedua pelatih top dunia tersebut, Selasa (5/4/2016).

Filosofi sepak bola bertahan tak pernah lepas dari pemikiran kedua pelatih. Conte misalnya, ia dikenal sebagai salah satu pelatih yang pakem hanya pada satu formasi saja yakni 3-5-2. Namun permainan taktik dan gaya bermainnya yang atraktif itu justru mengantarkan Juventus merebut trofi juara Serie A sebanyak empat kali secara berturut-turut.

Kendati demikian, Conte kemungkinan bakal menghadapi masalah baik dari penggemar Chelsea maupun media setempat. Sebab The Blues sejauh ini sudah melekat dengan tipe formasi dengan menempatkan empat pemain belakang.

Hal itu makin diperkuat dengan data yang menyatakan bahwa belum ada klub yang berhasil memenangkan trofi juara Premier League Inggris tanpa menempatkan empat bek bertahan. Tipe bermain bertahan ini hampir sama dengan pendahulunya Mourinho.

Bahkan jauh sebelumnya formasi Mourinho sudah dikenal dengan sebutan 'parkir bus'. Alasan pelatih Portugal menerapkan strategi 4-2-3-1itu adalah demi mengamankan kemenangan saat timnya telah unggul ketimbang bermain sepak bola menyerang.

Inilah kesamaan Conte dan Mourinho yang masih memegang teguh filosofi sepak bola bertahannya hingga saat ini. Yang jadi persoalannya sekarang adalah apakah eks pelatih Juventus itu mampu mentransfer formasi andalannya tersebut kepada skuat barunya nanti?
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1152 seconds (0.1#10.140)