1.000 Peserta Triathlon Ironman 70.3 Tampil di Bintan

Jum'at, 08 April 2016 - 09:20 WIB
1.000 Peserta Triathlon Ironman 70.3 Tampil di Bintan
1.000 Peserta Triathlon Ironman 70.3 Tampil di Bintan
A A A
JAKARTA - Ajang olahraga 'manusia super' IRONMAN 70,3 akan kembali digelar di Pulau Bintan, Kepulauan Riau, 28 Agustus mendatang. Ajang Olahraga Triathlon terberat di Indonesia ini merupakan kedua kalinya diselenggarakan setelah sukses pada 2015 lalu.

Terpilihnya kembali Bintan sebagai lokasi ajang triathlon IRONMAN 70.3 semakin memperkuat posisi Bintan sebagai destinasi sport tourism kelas dunia. Banyak event olahraga internasional digelar di Bintan tahun ini akan mendongkrak pariwisata great Batam/Bintan.

Deputi Pengembangan Pasar Mancanegara kementerian pariwisata Nia Niscaya, mengakui sangat senang Bintan kembali terpilih sebagai tuan rumah ajang tersebut. Sebab, ada sekitar 1.000 peserta dari mancanegara yang hadir nanti. Hal ini tentu akan berdampak langsung pada peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia.

"Penyelenggaraan ajang triathlon ini memberi direct impact terhadap peningkatan kunjungan wisman dan perolehan devisa. Minimal sekitar 1.000 wisman akan masuk dan membelanjakan dollarnya di Bintan. Selain itu even seperti ini mempunyai media value yang tinggi. Banyak atlet IRONMAN 70.3 dunia datang ke Bintan mengikuti ajang ini tentunya akan menjadi pemberitaan media internasional," kata Nia dalam jumpa pers di FX Mall Jakarta, kemarin.

Bintan memiliki keunggulan berupa daya tarik alam (nature) yaitu pantai berpasir putih, taman laut dan hutan tropis serta dilengkapi dengan fasilitas infrastruktur kelas dunia. Selain itu lokasinya yang dekat dengan Singapura, hanya 45 menit menggunakan kapal ferry, menjadikan Bintan sebagai salah satu destinasi wisata andalan dalam mencetak wisman.

Sementara itu, CEO Metasport Nathalie Marquet, selaku penyelenggara IRONMAN 70.3 Bintan tahun ini banyak menjaring dari para peserta yang akan mengikuti kejuaraan dunia IRONMAN 2016 di Kona, Hawaii yang akan berlangsung pada pertengahan Oktober mendatang. Jadi, Suasana Bintan yang mirip dengan Hawaii menjadi pertimbangannya.

"Kami menargetkan 1.000 peserta untuk acara tahun ini. Terdapat minat yang terus bertumbuh dari Indonesia dan kami berharap 15% atlet dari Indonesia dapat ikut kompetisi ini. Banyak atlet pemula yang masih belum siap untuk melakukan ketiga tantangan secara utuh, sehingga mereka mendaftarkan dalam tim estafet yang terdiri dari satu perenang, satu pengendara sepeda, dan satu pelari," lanjut Nathalie.

IRONMAN 70.3 Bintan memiliki 30 slot untuk diperebutkan di Kejuaraan Dunia IRONMAN 70.3 di kota Chattanooga, Tennessee, Amerika Serikat pada 2017 mendatang. Sementara itu pada ajang IRONMAN 70.3 Bintan tahun lalu keluar sebagai pemenang adalah Brad Kahlefeldt dari Australia dan Gina Crawford dari Selandia Baru.
(mir)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9931 seconds (0.1#10.140)