Fakta Pertandingan Kroasia vs Portugal

Sabtu, 25 Juni 2016 - 16:03 WIB
Fakta Pertandingan Kroasia vs Portugal
Fakta Pertandingan Kroasia vs Portugal
A A A
LENS - Portugal mendapat tantangan berat saat bentrok dengan Kroasia pada babak 16 Piala Eropa 2016 di Stade Bollaert-Delelis, Lens, Minggu (26/6/2016) pukul 02.00 dini hari WIB. Sebab, Kroasia punya rekor fantastis dengan catatan tak terkalahkan dalam sepuluh pertandingan di semua kompetisi.

Meski Cristiano Ronaldo dkk memenangkan tiga pertemuan sebelumnya dengan Kroasia tanpa kebobolan, namun Kroasia saat ini berbeda, setelah memastikan juara Grup D seusai mengalahkan juara bertahan Spanyol. Sementara pada papan klasemen grup F, Portugal bertengger di undakan ketiga dengan tiga poin, di bawah Islandia serta Hungaria. (Baca juga: Preview Kroasia vs Portugal: Pembuktian Sesungguhnya bagi Portugal).

Tiga kemenangan Portugal atas Kroasia pada laga sebelumnya adalah menang 3-0 di pertemuan pertama mereka pada babak penyisihan grup Piala Eropa 1996. Itu merupakan pertandingan terakhir penyisihan grup, dan Kroasia sudah lolos ke perempat final (16 peserta) dengan dua kali menang, dan menerjunkan pemain pelapis.

Pertemuan kedua terjadi pada laga persahabatan 12 November 2005 silam, saat Kroasia menyerah 0-2. Sedangkan pertemuan teranyar mereka adalah laga persahabatan di Jenewa pada Juni 2013, Cristiano Ronaldo mencetak satu-satunya gol setelah 36 menit.

Berikut fakta pertandingan Kroasia vs Portugal seperti dikutip dari laman UEFA

• Kroasia tak terkalahkan dalam sepuluh pertandingan (menang 8, imbang 2) sejak kalah 0- 2 pada kualifikasi Piala Eropa dari Norwegia pada September 2015.

• Ini merupakan putaran final Piala Eropa kelima Kroasia, mereka hanya sekali absen sejak kemerdekaan, yakni di Piala Eropa 2000, dan ini adalah final keempat berturut-turut mereka. Mereka telah dua kali mencapai babak delapan besar dan dua kali tersingkir di babak penyisihan grup.

• Pencapaian terbesar Kroasia dalam sepak bola internasional adalah meraih medali perunggu di Piala Dunia 1998, turnamen besar terakhir yang dipentaskan di Prancis.

• Portugal lolos ke putaran final Piala Eropa enam kali beruntun, atau yang ketujuh secara total. Mereka belum pernah gagal lolos dari fase grup.

• Prestasi terbesar Portugal adalah lolos final Piala Eropa 2004 di kandang sendiri, di mana mereka kalah 0-1 dari Yunani.

• Piala Eropa 1984 di Prancis merupakan turnamen pertama Portugal di Piala Eropa, mereka lolos final namun menyerah 2-3 dari tuan rumah di waktu tambahan.

• Ronaldo menjadi pemain pertama yang mencetak gol di empat Euro ketika dia mencetak dua gol melawan Hungaria dalam pertandingan grup terakhir. Sedangkan Nani akan melakoni laga ke100 jika tampil melawan Kroasia.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7750 seconds (0.1#10.140)